Cara Mengobati Penyakit Gula Darah

Kadar gula darah yang ada di dalam tubuh tidak akan menetap dan akan selalu berubah ubah setiap saat atau setiap setelah melakukan aktifitas apapun. Kadar gula darah normal yang di miliki setiap orang harus nya tidak melebihi 200 mg/dl.

Kadar gula normal bisa di ketahui jika melakukan pengecekan darah dengan sebuah alat dengan mengambil sedikit darah untuk menghitung kadar gula darah. kadar gula darah akan berubah terus, dan jika angka nya tidak melebihi angka kadar gula darah normal yang telah di tentukan maka tubuh akan baik baik saja, namun jika angka nya melebihi bisa menyebabkan penyakit yang akan mengganggu kondisi kesehatan.

Jika kadar gula darah normal berubah dengan melebihi 200 mg/dl maka kondisi tubuh akan terganggu dan sangat memerlukan obat diabetes yang tepat. Kadar gula yang bisa melebihi angka normal di sebabkan oleh ada nya gangguan di salah satu fungsi tubuh yang harus nya memproduksi insulin. Jika ada gula atau glukosa yang masuk ke dalam tubuh seharus nya diolah menjadi energi sehingga kadar gula darah normal.

Karena gula akan di proses menjadi energi dengan di bantu oleh zat insulin, dan jika insulin yang di produksi hanya sedikit dan jumlah gula yang masuk semakin banyak maka akan menyebabkan kadar gula darah akan semakin meningkat.

Penyakit gula darah yang di sebabkan oleh penurunan fungsi pankreas yang tidak dapat menghasilkan insulin dengan baik akan menyebabkan kondisi tubuh lemah dan juga lemas. Karena energi yang di hasilkan juga sedikit maka akan kondisi tubuh akan lemas, karena kurang nya energi.

Gejala penyakit gula darah akan menyebabkan penderita nya mengalami penurunan berat badan, dan juga luka di dalam tubuh juga akan sulit untuk di sembuhkan, bahkan bisa bertambah parah. Penyakit gula darah pun bisa menyebabkan berbagai infeksi terjadi. Infeksi di kulit, mulut dan infeksi saluran kemih bisa terjadi akibat penyakit gula darah terjadi. Penglihatan juga bisa terganggu akibat kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi.

Penyakit gula darah bisa kronis jika tidak sembuhkan dengan baik, dan akan menyebabkan komplikasi penyakit lain nya atau kerusakan pada organ tubuh yang lain nya, sehingga akan menyebabkan penyakit di dalam tubuh semakin banyak dan akan semakin lama dan semakin sulit untuk di sembuhkan. Penyakit gula darah bisa diobati dengan menurunkan kadar gula darah.

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengobati Penyakit Gula Darah:

1. Minum Air Putih

Cara yang paling sederhana dan dianjurkan di sini adalah meminum air putih demi dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya memicu dehidrasi saja, tapi juga bisa saja mendukung proses kenaikan gula darah dalam tubuh. Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Meminumnya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter adalah keputusan terbaik untuk membuat kesehatan lebih baik.

2. Ramuan Semanggi Merah

Semanggi merah adalah jenis tanaman tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini mungkin belum banyak terdengar sebagai obat untuk penyakit diabetes. Namun sebenarnya tanaman semanggi merah sangat baik untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Semanggi merah bisa menjaga agar kadar hormon dalam tubuh tetap stabil sehingga menguntungkan untuk penderita diabetes tipe 1.

Selain itu kandungan senyawa alami seperti genistein yang bisa membantu pankreas dalam menjaga kondisi sel beta. Sel beta adalah sel khusus pada pankreas yang berfungsi untuk menjaga produksi insulin.

Cara:

– Rebus beberapa buah semanggi merah yang sudah diolah menjadi teh dengan satu gelas air. Kemudian minum saat masih hangat.

– Jika Anda tidak menemukan bentuk teh semanggi merah maka gunakan suplemen berbentuk kapsul.

– Ingat untuk mengkonsumsi semanggi merah dalam jumlah sesuai dosis agar tidak berlebihan dan terhindar dari efek samping.

3. Ramuan Kunyit

Kunyit adalah jenis tanaman rimpang yang bisa membantu semua penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 membuktikan jia kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bisa melindungi sel beta pada pankreas. Sel beta merupakan sel aktif yang bekerja untuk pankreas dan berfungsi untuk menghasilkan metabolisme insulin. Selain itu kunyit juga mengandung minyak atsiri yang bisa menghasilkan insulin dalam tubuh. Selain itu kunyit sebenarnya juga mengandung protein dan zat gula alami yang sangat baik untuk menyembuhkan diabetes. Bahkan kunyit juga bisa menyembuhkan keluhan lipoma dan gejala darah kotor.

Cara:

– Rebus 1 – 3 gram kunyit dengan beberapa gelas air hingga mendidih, kemudian saring dan minum airnya setiap pagi.

– Jika Anda menggunakan bubuk kunyit maka larutkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 gelas air. Kemudian minum airnya saat masih hangat.