Cara Mengobati Sakit Diabetes

Diabetes Melitus (DM) Adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin. Diabetes melitus disebut juga penyakit kencing manis. Dalam kamus besar bahasa Indonesi, definisi kencing manis adalah penyakit yang menyebabkan air kencing yang diproduksi bercampur zat gula. Adanya kadar gula yang tinggi dalam air kencing dapat menjadi tanda-tanda gejala awal penyakit Diabetes Melitus.

Insulin adalah sejenis hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Penurunan sekresi insulin biasanya disebabkan oleh resistensi insulin dan kerusakan sel beta pankreas. Pada penderita penyakit diabetes melitus, tubuh pasien tidak dapat memproduksi atau tidak merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas.

Kekurangan insulin membuat tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel. Sehingga respon yang diterima oleh tubuh adalah rasa lapar dan haus. Namun semakin banyak karbohidrat yang dimakan, maka akan semakin tinggi penumpukan glukosa dalam darah. Kondisi inilah yang kemudian di sebut sebagai penyakit kencing manis atau Diabetes Melitus

Tanda-tanda klasik dari diabetes yang tidak diobati adalah hilangnya berat badan, polyuria (sering berkemih), polydipsia (sering haus), dan polyphagia (sering lapar).Gejala-gejalanya dapat berkembang sangat cepat (beberapa minggu atau bulan saja) pada diabetes type 1, sementara pada diabetes type 2 biasanya berkembang jauh lebih lambat dan mungkin tanpa gejala sama sekali atau tidak jelas.

Beberapa tanda-tanda lainnya dan gejala-gejalanya dapat menunjukkan adanya diabetes, meskipun hal ini tidak spesifik untuk diabetes. Mereka adalah pandangan yang kabur, sakit kepala, fatigue, penyembuhan luka yang lambat, dan gatal-gatal. Tingginya tingkat glukosa darah yang lama dapat menyebabkan penyerapan glukosa pada lensa mata, yang menyebabkan perubahan bentuk, dan perubahan ketajaman penglihatan.

Apabila anda merasakan gejala diatas segeralah lakukan pemeriksaan. Setelah pengecekan bila menunjukan anda terkena Diabetes maka segera mengobatinya.

Berikut ini adalah beberapa herbal obat diabetes, yaitu:

1. Teh Hijau

Minum teh hijau bagi penderita diabetes akan sangat menguntungkan. Bahan dalam teh hijau bergerak aktif untuk melawan terjadinya resistensi insulin sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah berlebihan. Teh hijau mengandung senyawa polifenol seperti katekin dan tanin yang bersifat seperti zat antioksidan alami.

Bahan antioksidan alami ini juga termasuk epigallokatekin gallate yang bisa melindungi kesehatan jantung, mencegah kenaikan kadar gula darah berlebihan, meningkatkan kadar gula darah saat turun hingga normal dan menjaga aktifitas insulin dalam tubuh tetap stabil. Namun konsumsi teh hijau untuk penderita diabetes harus dibatasi untuk mencehah efek akibat kelebihan antioksidan. Selain itu teh hijau sangat baik menjadi obat tradisional kolesterol dan obat tradisional darah tinggi.

Cara: minum teh hijau setiap hari baik itu untuk waktu pagi atau sore hari. Namun jangan sampai minum teh hijau secara berlebihan karena efek antioksidan kuat juga bisa merusak sistem metabolisme tubuh.

2. Madu

Madu adalah bahan yang sangat aman dan alami untuk mengobati diabetes. Madu akan membantu mengelola diabetes dengan cara membentuk sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi organ terutama pankreas dan mencegah resistensi insulin. Konsumsi madu secara rutin juga bisa meningkatkan respon gula darah dengan jumlah yang lebih rendah karena madu mengandung pati glukosa.

Madu akan diserap oleh organ hati dalam waktu yang cepat sehingga bisa mendorong hilangkan glukosa dalam darah. Ini berarti bahwa madu akan menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh dalam melepaskan insulin sesuai kebutuhan tubuh. Konsumsi madu sebanyak 1 sendok makan secara rutin bisa membantu meningkatkan fungsi sel beta pada pankreas dan mengurangi gangguan metabolisme pada penderita diabetes. Namun batasi konsumsi madu harian untuk mencegah bahaya madu untuk diabetes.

3. Mengkudu

Kandungan proxeroni dalam buah mengkudu bisa membentuk alkaloid. Fungsi alkaloid membuka pori-pori sel sehingga nutrisi lebih mudah terserap ke dalam tubuh.

Inilah mengapa, mengkudu sangat baik dimanfaatkan sebagai obat diabetes melitus alami. Mengkudu bisa dibuat jus untuk mengobati diabetes, caranya sebagai berikut :

– Kupas hingga bersih, buang bijinya, kemudian cuci bersih lalu potong kecil-kecil buah mengkudu matang.

– Siapkan apel merah, cuci bersih, potong kecil-kecil

– Blender potongan mengkudu dan apel bersamaan. Tambahkan gula rendah kalori dan madu murni untuk menghilangkan aromanya.

– Minum 2 kali sehari-pagi dan malam hari, kira-kira setengah jam sebelum atau dua jam setelah makan. Ini dimaksudkan agar penyerapan esktrak buah mengkudu bisa sempurna.

Diagnosis

Jika salah satu faktor risiko diabetes di bawah ini terpenuhi, maka harus dilakukan Penyaringan penyakit dibetes dengan melakukan Tes Gula Darah Puasa dan Tes Gula Darah 2 jam setelah makan. Mengingat melakukan 2 Tes di atas di Laboratorium Klinik biayanya sama besar dengan Tes Toleransi Glukosa, maka sebaiknya langsung saja melakukan Tes Toleransi Glukosa.

Faktor risiko diabetes:

– Kelompok usia dewasa tua (45 tahun ke atas).

– Tekanan darah tinggi (> 140/90 mmHg).

– Riwayat keluarga DM, ayah atau ibu atau saudara kandung ada yang terkena penyakit diabetes.

– Dislipidemia (HDL < 35 mg/dl dan atau Trigliserida > 250 mg/dl.

– Riwayat kehamilan dengan BB lahir bayi > 4000 gram.

– Riwayat DM pada kehamilan.

– Pernah TGT (Toleransi Glukosa Terganggu) atau GDPT (glukosa darah puasa terganggu).