Obat Kanker Bibir

Kanker bibir adalah jenis kanker mulut. Matahari, alkohol, tembakau, virus papiloma manusia (HPV), jenis kelamin laki-laki, dan usia lebih dari 40 merupakan faktor risiko umum untuk mengembangkan kanker bibir dan jenis-jenis kanker mulut lainnya. Dari sekitar 26.000 kanker mulut baru diperkirakan terjadi tahunan di Amerika Serikat, 10% sampai 15% adalah kanker bibir. Kanker bibir pada awalnya mungkin tidak memiliki gejala. Ketika gejala itu hadir, temuan yang paling umum adalah sakit pada bibir yang tidak akan sembuh. Sebagian besar kanker bibir berkembang di bibir bawah dan kanker sel skuamosa, kanker ini disebabkan oleh perubahan dan pertumbuhan abnormal, sel-sel seperti cakram datar yang melapisi dan menutupi bibir.

Ketika didiagnosis dini, kanker bibir memiliki prognosis yang sangat baik dan potensial dapat disembuhkan dengan baik melalui pembedahan atau terapi radiasi. Kemudian tahap juga dapat diberi obat kanker dengan pembedahan atau radiasi atau kombinasi dari keduanya. Terapi kemoterapi dan ditargetkan dapat juga digunakan, terutama untuk penyakit yang lebih parah. Perawatan darurat jarang diperlukan untuk kanker bibir, kecuali kanker telah menyebar dan mengganggu fungsi organ vital. Selama kemoterapi, jumlah sel darah putih bisa menurun. Karena sel darah putih melawan infeksi, ini dapat meningkatkan risiko terkena infeksi dan setelah itu menjadi serius.

Mencari perawatan medis dengan segera mungkin untuk gejala yang serius, seperti demam tinggi (lebih tinggi dari 101 derajat Fahrenheit), perdarahan yang berlebihan, perubahan tingkat kesadaran, denyut jantung yang cepat, atau kelesuan.

Cari perawatan medis segera jika Anda mengalami kesulitan makan atau minum memiliki sakit yang tidak sembuh-sembuh, menghasilkan nanah, atau mudah berdarah memiliki benjolan di bibir Anda, di mulut Anda, atau di leher Anda memiliki area menebal atau berubah warna pada bibir atau jika Anda memiliki gejala lain yang perhatian Anda.

Gejala dan ciri kanker bibir adalah:

– Sakit tenggorokan

– Gigi tanggal

– Nyeri pada lidah

– Susunan gigi yang tidak rata

– Nyeri atau kaku pada rahang

– Nyeri atau sulit untuk mengunyah

– Nyeri atau sulit untuk menelan

– Gumpalan atau penebalan kulit mulut

– Noda putih atau kemerahan di dalam mulut

– Bisul di sekitar mulut yang tidak dapat disembuhkan

– Perasaan seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan

Kanker bibir awal dapat diobati dengan operasi pengangkatan kanker atau terapi radiasi. Kanker stadium lanjut lebih memerlukan operasi yang lebih agresif, yang juga melibatkan menghapus kelenjar getah bening dan jaringan lain dari yang sama atau kedua sisi leher, terapi radiasi, atau kombinasi dari keduanya.

Tujuan dari pengobatan kanker ini adalah untuk menyembuhkan kanker secara permanen atau untuk membawa tentang remisi lengkap dari penyakit. Remisi berarti bahwa tidak ada lagi tanda-tanda penyakit dalam tubuh, meskipun mungkin kambuh kemudian.

  1. Pengobatan umum

Tergantung pada penyebaran penyakit, satu atau lebih dari perawatan berikut dapat digunakan:

– Kemoterapi, sering dengan cisplatin (Platinol), sendiri atau dalam kombinasi dengan obat lain, untuk menyerang sel-sel kanker

– Terapi radiasi untuk menyerang sel-sel kanker

– Pembedahan untuk mengangkat kanker dan mengevaluasi seberapa jauh ia telah menyebar

– Terapi yang ditargetkan untuk menyerang sel-sel kanker

– Beberapa orang dengan kanker bibir berpartisipasi dalam uji klinis di mana terapi baru yang menjanjikan dan perawatan dipelajari.

  1. Pengobatan lain

Terapi lain dapat ditambahkan untuk membantu dengan keadaan umum Anda kesehatan dan efek samping pengobatan:

– Obat anti-mual jika mual terjadi

– Faktor pertumbuhan sel darah untuk meningkatkan jumlah sel darah putih jika ini terlalu rendah selama pengobatan

– Konseling diet untuk membantu mempertahankan kekuatan dan status gizi

– Kerja dan terapi fisik

– Transfusi darah untuk menggantikan sementara komponen darah seperti sel darah merah yang telah turun ke tingkat rendah sebagai akibat dari perlakuan

  1. Pengobatan komplementer

Beberapa pengobatan komplementer dapat membantu beberapa orang berurusan dengan kanker bibir dan perawatan nya. Perawatan ini, kadang-kadang disebut sebagai terapi alternatif, digunakan dalam hubungannya dengan pengobatan medis tradisional.

 

Pengobatan komplementer tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis tradisional. Pastikan untuk memberitahu dokter Anda jika Anda mengkonsumsi suplemen gizi atau homeopati (nonprescription) obat karena dapat berinteraksi dengan terapi medis yang ditentukan.

Pengobatan komplementer dapat mencakup:

– Akupunktur

– Pijat terapi

– Suplemen gizi makanan, obat herbal, minuman teh, dan produk sejenis

– Yoga

  1. Perawatan rumah sakit

Dalam kasus di mana kanker bibir telah berkembang ke stadium lanjut dan telah menjadi tidak responsif terhadap pengobatan, tujuan pengobatan dapat beralih dari menyembuhkan penyakit dan fokus pada langkah-langkah untuk menjaga seseorang nyaman dan memaksimalkan kualitas hidup.

Perawatan rumah sakit melibatkan rasa sakit medis pengendali dan gejala lainnya sambil memberikan dukungan psikologis dan spiritual, serta layanan untuk mendukung keluarga pasien.