Obat Kanker Kulit

Kanker kulit adalah salah satu penyakit kanker yang harus diwaspadai, karena kanker kulit merupakan tumor ganas yang mematikan urutan ke 7 dari berbagai jenis penyakit kanker. Terkadang orang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengidap kanker kulit, karena timbulnya kanker kulit tidak menimblakan gejala yang cukup dikenali. Namun ada hal yang perlu anda waspadi jika tiba-tiba muncul noda atau tahi lalat yang bentuknya tidak beraturan berwarna coklat kemerahan, noda atau tahi lalat tersebut menumbulkan gatal atau nyeri, apalagi terus tumbuh hingga lebih dari setengah sentimeter.

Semua orang tanpa terkecuali harus waspada terhadap bahaya kanker kulit, meskipun kanker kulit ini biasa terjadi pada orang-orang ras kulit putih namun tidak menutp kemungkinan penyakit ini juga menghampiri kita yang memiliki ras kulit gelap. Karena berdasarkan penyebabnya kanker kulit disebabkan mutasi akibat paparan sinar UV, Paparan Karsinogen/bahan kimia tertentu seperti arsenik, nikotin, tar atau minyak, dan faktor keturunan.

Menurut data WHO, ada sekitar 132.000 kasus kanker kulit muncul setiap tahunnya di seluruh dunia. Setiap 3 kasus kanker ditemukan satu kasus kanker kulit dan diperkirakan ini akan terus meningkat karena lapisan ozon di langit yang terus menipis. Pengurangan lapisan ozon 10 persen saja dapat menyebabkan peningkatan insiden kanker kulit sebesar 4500 tambahan kasus baru. Risiko kanker kulit lebih besar menyerang wanita yang berusia di bawah 40 tahun. Kanker kulit jenis ini dapat berakibat fatal jika tidak didiagnosis secara awal. Dokter bisa mendiagnosis melanoma setelah melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan merujuk Anda untuk menemui dokter spesialis kulit (dermatologi) atau dokter bedah plastik jika mereka mengira Anda menderita melanoma. Jadi jika Anda melihat ada perubahan pada bentuk tahi lalat, segera temui dokter.

Pada sebagian besar kasus yang ada, jaringan tahi lalat yang dianggap mencurigakan akan diangkat dengan pembedahan dan dipelajari apakah telah menjadi kanker. Proses ini dikenal dengan istilah biopsi. Sedangkan untuk memeriksa apakah melanoma sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, prosedur biopsi nodus sentinel juga bisa dilakukan. Obat kanker melanoma sangat tergantung pada kondisi individu yang akan dirawat, jenis kanker dan juga stadium kanker yang diderita. Penanganan utama dalam mengatasi melanoma adalah melalui operasi.

Stadium Kanker Kulit Melanoma

Jenis penanganan melanoma tergantung kepada stadium melanoma yang Anda derita. Sistem stadium digunakan oleh tenaga medis profesional untuk menjelaskan seberapa jauh perkembangan dan penyebaran melanoma baik di dalam kulit maupun ke organ tubuh lainnya.

  1. Stadium 1 Kanker Kulit Melanoma

Untuk menangani melanoma stadium 1, dokter bedah plastik akan melakukan operasi untuk mengangkat sel-sel melanoma dan sebagian kecil kulit di daerah sekitarnya.

Terkadang dalam proses pembedahan, untuk beberapa kasus melanoma akan dilakukan pembiusan total, jadi Anda akan tertidur atau tidak sadar. Tapi pembedahan untuk melanoma stadium 1 umumnya dilakukan dengan cara pembiusan lokal. Anda akan tetap sadar, namun daerah di sekitar melanoma akan mati rasa dan Anda tidak akan merasakan sakit.

Jika operasi pembedahan meninggalkan bekas luka yang mencolok, Anda bisa memilih operasi gabungan untuk mencangkokkan kulit. Pencangkokan kulit berarti mengambil sebagian kulit dari bagian tubuh lain, untuk dicangkokkan atau ditempel di daerah yang dioperasi.

Kemungkinan untuk melanoma stadium 1 yang sudah diangkat akan kembali sangat kecil, sehingga biasanya tidak diperlukan penanganan lanjutan setelah pembedahan.

  1. Stadium 2 dan 3 Kanker Kulit Melanoma

Penanganan yang dilakukan sama seperti pada stadium 1, yaitu daerah yang terinfeksi melanoma akan diangkat dan jika perlu dilakukan operasi pencangkokan kulit. Jika melanoma sudah menyebar ke nodus limfa terdekat, Anda mungkin perlu operasi lanjutan untuk mengangkatnya. Pembiusan total harus dilakukan untuk operasi ini.

Proses pengangkatan nodus limfa mengandung risiko terhadap gangguan sistem limfatik Anda. Efeknya bisa menyebabkan penimbunan cairan pada tubuh. Dalam istilah medis ini dikenal sebagai limfedema. Anda disarankan tetap berkonsultasi dengan dokter tentang proses pemulihan dan mewaspadai tentang tanda-tanda melanoma akan kembali.

Stadium 4 Kanker Kulit Melanoma

  1. Melanoma stadium 4 sebagai tahap yang terparah bisa dibagi menjadi dua kondisi:

– Melanoma sudah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis) saat pertama didiagnosis.

– Melanoma muncul lagi di bagian lain dari tubuh Anda setelah pengobatan sebelumnya.

Pada dua kondisi di atas, kemungkinan besar tidak bisa disembuhkan. Penanganan yang dilakukan hanya untuk memperlambat penyebaran kanker, mengurangi gejala yang dialami, dan memperpanjang masa hidup penderita.

Operasi pembedahan mungkin bisa dilakukan pada melanoma yang muncul jauh dari tempat sel-sel melanoma pertama muncul. Sedangkan untuk mengurangi efek dari gejala yang terjadi, beberapa penanganan yang bisa dilakukan adalah radioterapi dan konsumsi obat-obatan.