Obat Kanker Lidah

Kanker lidah adalah jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Jenis kanker lidah ini dikenal dengan istilah karsinoma sel skuamosa dan juga obat kanker. Lidah terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal yang terletak di dekat tenggorokan. Kanker lidah dapat berkembang pada kedua bagian tersebut. Kanker yang tumbuh pada lidah bagian depan termasuk di dalam kategori kanker mulut. Sementara kanker yang tumbuh pada pangkal lidah termasuk di dalam kanker orofaring.

Kanker lidah berkembang dari sel-sel skuamosa. Sel-sel lidah normal yang tadinya tumbuh dan membelah secara teratur dan terkontrol menjadi tidak terkendali sehingga akan terus tumbuh dan membelah, maka terbentuklah massa jaringan yang abnormal, disebut tumor lidah. Tumor lidah ini bersifat lokal dan tidak menyebar. Sedangkan istilah “Kanker Lidah” berarti tumor lidah yang menjadi ganas, yang dapat menyerang jaringan sekitar dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya meskipun jauh yang dikenal dengan istilah metastase.

Kanker lidah merupakah salah satu tipe kanker mulut (oral cancer) seperti kanker bibir, langit-langit keras, lapisan pipi bagian dalam, mulut bawah depan lidah, dan gusi. Oral cancer merupakan subkelompok dari kanker kepala dan leher.

Sedangkan menurut salah satu situs penyakit kanker yakni (wismakanker) mengatakan bahwa Kanker lidah adalah kanker mulut yang paling umum, kanker lidah terjadi di pinggir lidah, diikuti dengan lidah, belakang lidah dan pangkal lidah, dll, seringkali jenis maag atau tipe infiltrative.

Menurut statistik, kejadian kanker lidah sekitar sekitar 0,8% sampai 1,5% dari keganasan sistemik, terhitung 5% menjadi 7,8% dari kanker kepala dan leher, terhitung untuk 32,3% dan 50,6% dari kanker mulut, di mana lebih banyak pria daripada wanita, pada rata-rata usia awal 60-tahun.

Setelah pasien telah positif divonis menderita kanker lidah, maka ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan. Pengobatan untuk kanker lidah akan disesuaikan dengan stadium, ukuran, serta letak kanker di lidah. Berikut ini beberapa cara pengobatan kanker lidah:

  1. Radioterapi

Prosedur radioterapi akan dipilih untuk dilakukan jika kanker lidah telah mencapai bagian pangkal lidah. Pada tahap ini, mungkin juga kanker lidah telah menyebar ke tenggorokan dan lebih sulit untuk ditangani. Terapi ini akan memanfaatkan gelombang radiasi untuk membunuh sel kanker  dan menyusutkan ukuran tumor.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi pada penderita kanker lidah akan memanfaatkan obat untuk kanker lidah, biasanya juga dengan dikombinasikan dengan terapi radiasi. Prosedur ini dilakukan untuk menghancurkan sel-sel kanker di seluruh tubuh. Hal ini sangat dianjurkan, terlebih jika kanker telah menyebar ke organ tubuh lain.

Dokter dapat mengkombinasikan beberapa jenis obat kanker lidah, menyesuaikan dengan siklus pertumbuhan sel kanker. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan resistensi terhadap obat yang diberikan.

  1. Operasi

Prosedur operasi untuk kanker lidah akan cocok dilakukan jika pasien masih mengalami kanker lidah stadium awal. Dengan operasi, jaringan sel kanker dapat diangkat. Prosedur operasi ini bisa dikombinasikan dengan metode radioterapi maupun kemoterapi untuk meningkatkan kemungkinan sembuh total.

Jika ukuran kanker lidah yang dialami pasien sudah cukup besar, maka akan dilakukan operasi pengangkatan lidah, disebut sebagai glosektomi. Setelah operasi glosektomi dokter akan melakukan rekonstruksi lidah untuk menggantikan bagian lidah yang diangkat. Efek samping dari prosedur glosektomi ini adalah gangguan bicara serta kesulitan menelan makanan pada pasien.