manfaat membaca buku kepemimpinan
Tips Trik

3 Keuntungan Membaca Buku Kepemimpinan

3 Keuntungan Membaca Buku Kepemimpinan – Melihat seorang pemimpin itu keren. Tapi pada realitanya, untuk menjadi seorang pemimpin yang bertanggungjawab dan amanah itu tidak semudah tampaknya. Itu sebabnya, banyak orang ingin menjadi pemimpin berpengaruh dan penting.

Tidak heran jika banyak yang mencari buku kepemimpinan untuk memperkaya diri dan memperluas pengalaman mereka. Membicarakan kepemimpinan, apakah kamu salah satu orang tersebut? Jika iya, itu keputusan yang baik. Karena menjadi seorang pemimpin itu memang harus totalitas.

Butuh kerelaan hati dan dedikasi tinggi untuk menjadi seorang pemimpin. Bahkan seorang pemimpin pun siap mengorbankan diri untuk anak buah sekaligus memberi contoh yang terbaik. Ketika membicarakan seorang pemimpin, kamu pun tidak bisa egois dan gegabah dalam mengambil keputusan. Hal ini pun banyak yang disampaikan di banyak buku kepemimpinan.

3 Keuntungan Membaca Buku Kepemimpinan

Pada kesempatan kali ini, tidak akan merekomendasikan buku kepemimpinan yang wajib kamu baca. Melainkan, akan berbagi beberapa manfaat membaca buku kepemimpinan. Penasaran bukan? Langsung saja, berikut manfaat.

1. Mengintropeksi DIri Menjadi Lebih Baik

Keuntungan membaca buku kepemimpinan yang akan kamu rasakan. Tentu saja kamu bisa lebih mengintropeksi diri. Secara otomatis, baik sadar ataupun tidak, kamu akan belajar dari pesan yang disampaikan pada teks buku tersebut. Padahal intropeksi bukanlah kebiasaan dan perkara yang mudah loh. Ternyata tidak semua orang rela berbenah diri. Setidaknya ketika bersedia intropeksi diri, disitulah kita sudah berbesar hati.

Saat kita membaca buku, sebenarnya itu upaya kita untuk bercermin. Ketika isi cermin tersebut jauh lebih baik dari kita, maka kita pun perlahan akan berusaha untuk memperbaiki diri. Meskipun tidak bisa sama persis, setidaknya ada upaya untuk berbenah menjadi lebih baik.

2. Memiliki Wawasan Baru

Keuntungan membaca buku kepemimpinan yang tidak kalah penting, kita akan mendapatkan wawasan baru. Membicarakan tentang wawasan, ternyata tidak semua orang memiliki wawasan luas. Bahkan demi mendapatkan wawasan luas, dibutuhkan investasi waktu, tenaga  yang luas loh. Jadi, bisa dilakukan dalam satu atau dua kali membaca saja.

Melainkan dibutuhkan waktu berpuluh-puluh waktu. Memiliki wawasan pun juga tidak hanya membaca satu sudut pandang, satu buku dan satu penulis yang sama. bahkan juga dibutuhkan waktu dan kesempatan untuk membaca buku dari berbagai genre, tema dan ulasan. Semakin banyak buku yang dibaca, dari berbagai latar belakang, semakin berwawasan luas.

Ketika kamu memiliki wawasan yang luas, tentu saja akan menguntungkan diri sendiri. Kenapa demikian? Pertama, kamu bisa hidup lebih sederhana, santai dan tidak latah terhadap pengetahuan. Setidaknya kamu bisa lebih matang dalam menghadapi banyak hal dan semakin bijak.

Baca juga : Review Buku : Pembentukan Pengadilan Khusus Medis

3. Bersikap Bijaksana

Seperti yang disinggung sebelumnya. Bahwa semakin sering membaca buku kepemimpinan, maka akan membentuk pribadi menjadi lebih bijaksana. Orang yang bijaksana tentu saja lebih berlapang dada. Ketika menghadapi masalah pun bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Memang untuk semua itu, tidak bisa kita peroleh dalam waktu semalam. Tetapi berpuluh-puluh malam dan memakan energy lebih. Misalnya, saat oranglain sedang asyik santai menonton, kamu sibuk membaca buku-buku bermanfaat. Saat mereka memenuhi otak mereka dengan menonton hal-hal konyol, kamu sibuk membaca buku yang kaya akan manfaat.

Sehingga kamu pun memiliki karakter yang lebih kuat dan memiliki prinsip hidup. bahkan dalam mendefinisikan hidup, kamu bisa lebih esensial dan memberikan manfaat bagi orang lain. Sedangkan mereka yang membiasakan diri mengisi dengan hal-hal yang tidak berbobot, maka output yang dihasilkan ya Cuma itu-itu saja.

Nah, kamu termasuk yang mana nih? apakah yang tipe sering membaca buku kepemimpinan dan buku-buku membangun diri? Atau yang suka menonton hal yang remeh temeh? Prinsipnya adalah, apa yang kita masukan, itulah yang kita keluarkan. Jika ingin menjadi seorang pemimpin, maka isi dengan kepemimpinan, agar bisa menjadi pemimpin bermanfaat. Jika tontonan dan hobinya masih serong sana, serong sini, nonton yang tidak jelas, jangan harap menjadi bintang.

Itulah beberapa manfaat membaca buku kepemimpinan. Ternyata manfaat membaca buku kepemimpinan bisa mempengaruhi banyak hal dari dalam diri kita. Tentu saja mempengaruhi ke dalam hal-hal positif.  Sebenarnya ini tidak hanya berlaku untuk membaca buku kepemimpinan saja.

Membaca buku apa saja, selain buku kepemimpinan pun juga akan baik. Selama buku itu memang memberi pengaruh dan pengetahuan. Sebenarnya prinsipnya tergantung dari diri kita sendiri. Jika kita tipe orang pembelajar, apapun bacaan kamu, maka bisa diambil pelajaran dan bisa menjadi catatan berharga. Sehingga tetap mengajak kita untuk bersikap lebih bijak.

Baca juga : 4 Manfaat Membaca Buku Perpustakaan

Komentar Dinonaktifkan pada 3 Keuntungan Membaca Buku Kepemimpinan