perpustakaan terbesar di dunia
Insight

4 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Perpustakaan adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan, beberapa perpustakaan tersebut masuk ke dalam daftar perpustakaan terbesar di Dunia. Berikut adalah beberapa perpustakaanna :

1. Library of The Russian Academy of Sciences – Saint Petersburg, Rusia

Perpustakaan ini setidaknya memiliki koleksi lebih dari 26,5 juta item. Coba bayangkan, buku sebanyak itu pengurus perpustakaannya apa tidak pusing yah? Jadi jumlah buku sebanyak itu termasuk hasil publikasi riset. Semua tema, topik dan hasil penelitian ada di sana. Setiap penerbit buku juga diwajibkan untuk memberikan buku ke perpustakaan mereka secara gratis. Itu sebabnya perpustakaan di sana ada banyak sekali buku yang sudah diterbitkan di Rusia. Kita tahu bahwa minat baca dan tingkat terbit buku di sana juga lebih banyak dibandingkan jumlah terbit di Indonesia. Jadi, menurut saya hal yang wajar jika koleksi buku di sana jumlahnya sampai sebanyak itu.

Perpustakaan yang terbesar di Rusia pertamakali dibangun pada tahun 1714. Jadi perpustakaan ini termasuk perpustakaan milik Negara. Jadi perpustakaan yang ada di Saint Petersburg ini memang sudah lama didirikan. Nah, buat kamu nih yang ingin membaca dan meminjam buku, kamu harus memiliki member terpilih dari institute ini dulu loh ya. Jadi memang sedikit lebih ketat daripada syarat menjadi anggota perpustakaan di Indonesia.

2. National Library of Russia – Saint Petersburg, Rusia

Jadi perpustakaan di Rusia itu tidak hanya hanya satu saja. Salah satunya adalah National Library of Rusia yang pertamakali dibangun pada tahun 1795. Bisa dibilang, perpustakaan ini juga salah satu perpustakaan tertua di sana loh. Kelebihan dari perpustakaan ini bisa diakses oleh siapapun. Siapapun bisa membaca secara gratis. Dilihat dari koleksi buku, di sana lebih banyak dibandingkan koleksi di Library of The Russian Academy of Sciences, yaitu ada lebih 36,5 juta item.

3. Russian State Libarary – Mascow, Russia

Masih di Negara Rusia. Di sana ada perpustakaan dengan koleksi item terbesar yang mencapai 44,4 juta item. Namannya Russian State Library. Sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Pengunjung yang datang setiap tahunnya pun bisaca mencapai 1,17 juta loh. Sedangkan, setiap harinya setidaknya ada lebih dari 200 orang yang mendaftarkan diri menjadi anggota di perpustakaan ini.

Baca juga : Review Buku Matematika: Nilai Awal dan Syarat Batas

4. Royal Danish Library – Copenhagen, Denmark

Negara yang tidak kalah besar dan memiliki perpustakaan terbesar di dunia ada di Denmark. Perpustakaan Royal Danish Library memiliki lebih banyak koleksi buku dibandingkan di Rusia. Setidaknya ada sekitar 30,2 juta itam koleksi yang terpajang di sana. Sebenarnya, perpustakaan ini salah satu perpustakaan miliki universita Copenhagen loh.

Meskipun perpustakaan kampus, Royal Danish Library memiliki tiga cabang. Coba bayangkan, perpustakaan sampai buat cabang, kalo di Indonesia sudah kayak jualan franchise yang bisa buka cabang dimana-mana. Tapi inilah hebatnya Denmark, setiap cabang perpustakaannya juga memiliki jumlah koleksi buku yang sama dengan pusat loh, yaitu ada 30,2 juta item.

Tidak dapat dipungkiri jika sekarang teknologi sudah sangat erat. Nah, di perpustakaan terbesar seperti di Royal Danish Library juga sudah ada koleksi buku/hasil penelitian/riset dalam bentuk digital. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 393 GB materi digital. Jadi wajar, jika tempat ini disebut-sebut sebagai temapat penyimpanan harga karun Nasional dalam bentuk ilmu pengetahuan dalam bentuk buku atau file digital.

Baca juga : Deepublish, Toko Buku Online Terbaik di Indonesia