buku kesehatan
Uncategorized

Beli 5 Buku Kesehatan Agar Tidak Penyakitan

Beli 5 Buku Kesehatan Agar Tidak Penyakitan – Buku kesehatan kini banyak dicari karena semakin canggih teknologi, semakin banyak penyakit-penyakit aneh. Penyebab penyakit aneh sebenarnya bergantung pada teknologi, tetapi gaya hidup dan pola makan. Oleh sebab itu, buku kesehatan belakangan ini selalu laris manis.

Mulai dari buku kesehatan medis sampai buku kesehatan herbal.  Nah, pada kesempatan kali ini saya memiliki rekomendasi buku kesehatan yang tentunya akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Apa sajakah itu? berikut ulasannya.

1. Buku Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat

Rekomendasi buku kesehatan yang pertama adalah karya Vilda Ana Veria Setyawati dan Eko Hartini, buku ini mengupas tentang gizi makanan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat akrab dengan berbagai jenis makanan yang memiliki banyak sekali gizi. Dimana setiap makanan, baik makanan sayur dan hewani juga memiliki gizinya masing-masing.

Itu sebabnya kita akan sering mendengar istilah empat sehat lima sempurna. Konsep empat sehat lima sempurna selama ini menyamaratakan kebutuhan gizi setiap orang. Padahal Pedoman Gizi Seimbang (PGS) setiap orang dan usia memiliki kebutuhan vitamin dan gizi masing-masing.

Buku setebal 161 halaman akan mengajak pembaca untuk mengenali betul gizi seimbang itu seperti apa. Ada empat prinsip gizi seimbang, yaitu variasi makanan, memiliki kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta memiliki kebiasaan hidup aktif dan berolahraga.

Akan lebih baik lagi jika kamu juga selalu melakukan pemantauan dan pengecekan berat badan ideal. Nah, setidaknya, di sini nantinya kamu akan dikenalkan tentang gizi untuk masyarakat, mempelajari juga tentang makronutrien dan tentang vitamin.

Setiap kali membicarakan gizi dan vitamin, sebenarnya tubuh tidak hanya membutuhkan makanan saja. Tetapi juga membutuhkan mineral, nah di sini kamu juga akan belajar mineral yang dibutuhkan oleh tubuh itu sebenarnya apa saja.

Buku ini mengulas sangat lengkap, setidaknya di buku ini kamu juga akan belajar bagaimana pemeriksaan klinis. Disinggung pula tentang aplikasi penilaian status gizi yang seimbang secara tepat. Sebenarnya masih banyak mengulas topik lain, yang dapat kamu baca selengkapnya di sini.

2. Balita Gizi Kurang dan Keluarga

Rekomendasi buku kesehatan yang kedua adalah buku berjudul Balita Gizi Kurang dan Keluarga. Yessy Nur Endah Sary mengemas buku ini lebih menyenangkan. Di dalam buku ini juga masih mengutarakan tentang kondisi gizi yang baik untuk menunjang kesehatan bayi.

Karena bayi yang mengalami kekurangan gizi dapat berakibat fatal. Salah satunya dapat berakibat pada proses pertumbuhan dan bayi tidak bisa mencapai mutu kehidupan secara maksimal. Yessy Nur Endah Sary menuliskan bahwa ada dua faktor utama yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi kurang maksimal. Pertama, dipengaruhi oleh faktor lingkungan, dan kedua dipengaruhi oleh faktor genetik.

Pertumbuhan kurang maksimal yang dipengaruhi oleh faktor genetik dapat menimbulkan pertumbuhan bayi selama di dalam kandungan tidak bisa berkembang sempurna. Sedangkan pertumbuhan yang dipengaruhi lingkungan biopsikososial dapat mempengaruhi anak setiah hari mulai dari masa konsepsi sampai akhir hayatnya.

Jadi buku terbitan Deepublish yang dikemas dengan ketebalan 79 halaman ini memaparkan bahwa gizi merupakan proses organisme. Dimana proses tersebut menggunakan makanan secara normal dan melalui proses digesti, tranformasi, metabolisme dan proses pengeluaran zat.

Tidak hanya itu, bisa juga karena proses lain, karena absorbsi, penyimpanan. Jadi buat kamu nih yang ingin menjaga kesehatan, terutama kesehatan buah hati kamu, tidak ada salahnya jika kamu pun membaca buku ini. Karena buku kesehatan ini tidak hanya mengulas kekurangan gizi, tetapi mengetahui penyebab masalah pada anak yang kekurangan gizi. Kamu bisa dapatkan bukunya hanya di sini.

3. Dampak Pengawet Nitrit Pada Daging Olahan Sosis Terhadap Kesehatan Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari, siapa sih yang tidak tahu makanan cepat saji satu ini? Pasti semuanya tahu dan mengkonsumsinya. Ya, makanan tersebut adalah sosis. Siapa yang menyangka jika sosis memiliki dampak bahaya untuk kesehatan Terutama dampak kesehatan.

Padahal kita tahu sendiri, dalam kehidupan sehari-hari, sosis bahkan menjadi jajanan makanan anak-anak yang paling banyak ditemui. Nah, buat kamu para orangtua harus hati-hati menjaga kesehatan.

Dalam olahan sosis, ada kandungan nitrit yang bahaya untuk tubuh. Memang tidak semua sosis memiliki kandungan nitrit yang sama besar. Namun yang perlu kamu ketahui bahaya nitrit untuk tubuh dapat menimbulkan methemoglobin simptomatik atau berkurangnya kemampuan untuk mengangkut oksigen.

Sehingga berpotensi terjadinya kekurangan oksigen dalam darah. Biasannya orang tersebut ditandai dengan fisik muka pucat, kulit membiru, sesak nafas, mntah dan shock. Dapat menyebabkan kematian jika kandungan methemoglobin lebih tinggi dari 70%.

Melihat dampak yang ditimbulkan, kamu bisa membaca lebih lengkap ulasannya di dalam buku Deepublish ini. Setidaknya, di sana kamu akan belajar tentang apa itu natrium nitrit. Kamu juga akan belajar bakteri clostridium botulinum. Setidaknya dari dua bab ini akan diulas tuntas apa ampak yang ditimbulkan dan bahayanya. Nah, untuk informasi lebih lanjut, bisa dapatkan di sini secara langsung.

4. Keamanan Pangan

Buku kesehatan yang tidak kalah penting kamu baca adalah buku keamanan pangan. Kita tahu selama ini kita hidup tidak terlepas dengan bervariasi makanan. Mulai dari makanan berlemak hingga makanan yang memiliki bahaya untuk tubuh dan bisa bermanivestasi menjadi sel kanker mematikan. Nah, buat kamu yang menghindari mengkonsumsi makanan berbahaya untuk tubuh, kamu bisa membaca buku karya Rochmawati tentang keamanan pangan.

Buku keamanan pangan mengulas tentang jaminan mutu atas kemanan produk pangan. Baik untuk produk pangan yang sifatnya konvensional ataupun modern. Makanan yang memiliki standar dan jaminan mutu akan menjamin keamanan pangan dan mengukur risiko yang mungkin saja bisa ditimbulkan. Setidaknya pengawasan ini untuk mengendalikan mutu dan peningkatan ketahan pada rantai produksi pangan.

Membicarakan ketahanan pangan, ketahanan pangan dapat diartikan sebagai tersedianya pangan dalam jumlah dan kualitas yang cukup, terdistribusi dengan harga terjangkau.

Buku yang dikemas dengan ketebalan 110 halaman ini selain memperkenalkan ketahan pangan, juga akan membantu kamu untuk melihat standar keamanan pangan itu seperti apa. Mengingat tidak banyak orang yang tahu bagaimana caranya.

DI sini juga akan memaparkan penggunaan bahan tambahana makanan dan cara mencegah keracunan makanan. Nah, dari materi dasar tersebut, barangkali kamu tertarik dan ingin mendapatkannya, kamu bisa dapatkan bukunya hanya di sini.

5. Makanan dan Kesehatan

Rekomendasi buku kesehatan yang tidak kalah penting untuk menunjang kesehatan kita dalam kehidupan sehari hari adalah buku karya Dr. Indasah, Ir., M.Kes. Buku ini masih membahas tentang kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara pengolahan dan makanan yang kita beli didekat rumah kita.

Buku ini tidak hanya membahas masalah makan dan kesehatan saja, tetapi juga akan mempelajari kandungan, sifat bahan dan kegunaan makanan tersebut. Setidaknya di sini kamu juga akan mempelajari kerusakan makanan itu seperti apa. Mengingat makanan yang sudah rusak tidak memiliki manfaat untuk kesehatan dan dapat menimbulkan banyak penyakit.

Di sini kamu secara bertahap akan diperkenalkan dengan kerusakan makanan dan bahan tambahan pangan dan peran makanan sebagai emdia penyebar penyakit. Tidak hanya itu saja, kamu juga diajarkan bagaimana menyikapi dan melakukan pencegahan penyakit dari makanan. Oleh sebab itu, kamu juga akan diajarkan prinsip-prinsip dasar pengolahan makanan secara tepat. Bagaimana? Apakah kamu merasa pas dan cocok? kamu bisa baca langsung bukunya.

Itulah beberapa rekomendasi buku kesehatan yang bisa kamu baca dan bisa kamu pelajari. Setidaknya kelima rekomendasi buku tersebut secara tidak langsung akan mengarahkan kamu untuk hidup lebih sehat dan lebih berhati-hati. Karena yang bisa menentukan hidup sehat atau tidaknya adalah diri kita sendiri. Nah, ada juga buku kesehatan lain yang bisa kamu kepo di Deepublish.

Baca juga : Cakupan Buku Psikologi Perkembangan

Kontributor : Irukawa Elisa