buku konseling teori aplikasi
Review Buku

Rekomendasi Buku: Pendekatan Konseling Teori Dan Aplikasi

Rekomendasi Buku: Pendekatan Konseling Teori Dan Aplikasi – Apakah kamu ingin masuk di dunia psikologi? Jika kamu ingin mempelajari psikologi, kamu perlu tahu profesi lulusan psikologi. Ada beberapa beberapa profesi, diantarannya bisa memilih menjadi konselor, psikolog atau menjadi HRD.

Nah, buat kamu nih yang memutuskan menjadi seorang konselor, kamu pun perlu memahami pendekatan-pendekatan konseling teori dan aplikasinya.

Apa saja dan bagaimana sih pendekatan konseling? Daripada binggung, kamu bisa langsung membaca buku M. Andi Setiawan. Istilah konseling adalah memungkinkan konseling mendapatkan layanan langsung tatap muka dalam rangka menemukan solusi yang di alim. Konseling memiliki bebeapa pendekatan yang dikembangkan oleh ahli dalam bidang dan pemahaman konsep dan pengaplikasian yang berbeda.

Dimana masing-masing pendekatan konseling itu sendiri memiliki konsep tersendiri sebagai pembeda antara pendekatan yang satu dengan yang lain. Buku ini juga mengkaji bagaimana prosedur atau cara mengaplikasikan pendekatan konseling itu sendiri loh.

Buat kamu yang penasaran isi buku terbitan deepublish satu ini membahas apa saja sih? Langsung saja, berikut spoiler tentang buku pendekatan-pendekatan konseling teori dan aplikasi.

Rekomendasi Buku: Pendekatan Konseling Teori Dan Aplikasi

1. Pengantar Konseling

Pengantar konseling adalah kegiatan dalam rangka memberikan pelayanan kepada konseli yang membutuhkan bantuan. Setidaknya di bab ini kamu akan memahami bahwa konseling sebagai ilmu yang tidak terlepas dari hal-hal ilmiah, kilmiahan konseling berkenaan dengan pendeskripsian data, analisis hingga keilmiahan konseling yang berkaitan dengan pendeskripsian analisis.

Karena sifatnya ii adalah pengantar konseling, maka kamu pun akan berkenalan dengan para ahli dalam mengartikan konseling itu sendiri. Tujuannya jelas, minimal dan paling tidak membantu kamu untuk memahami lebih dalam dan lebyih lengkap.

2. Psikoanalisa

Buku pendekatan-pendekatan konseling teori dan aplikasi akan memperkenalkan tentang psikoanalisis. Psikoanalisis pendekatan yang menjelaskan bahwa segala tingkah laku manusia memiliki motif atau dorongan.

Baik dorongan yang di sadari ataupun yang tidak dasadari.
Tokoh tersohor psikoanalisa adalah Freud, dia sosok yang dikenal karena salah satu penemu dan mengembangkan teori ini. Freund menyatakan bahwa bentuk perilaku yang muncul merupakan kekuatan irasional yang tidak disadari dari dorongan biologis dan naluri psikoseksual. Pendekatan psikoanalisa juga menunjukan bahwa yang dimiliki manusia bersifat deterministic.

Buku ini cocok buat mahasiswa. Karena di sini kamu juga akan mengetahui capaianpembelajaran, sejarahnya dan tentunya masih banyak lagi. Misalnya, mempelajari perkembangan manusia, konseling keluarga psikoanalisa, pribadi sehat, pribadi tidak sehat dan pelaksanaan konseling.

3. Behavioral

Pendekatan-pendekatan konseling teori dan aplikasi yang akan kamu pelajari adalah pendekatan behavioral. Pendekatan behavioral adalah pendekatan yang juga banyak mendapatkan kritik. Pendekatan ini juga masih dominan dalam konseling hingga sampai saat ini.

Perkembangan pendekatan behaviorisme dalam pencapaian tujuan konseling diperblukan adanya prubahan perasaan, perilaku dan perubahan pemikiran.

Pendekatan behavioral muncul untuk mengurangi dominasi dari teori psikoanalisis, yang terlalu memandang bahwa alam bawah sadar menusia adalah hal yang paling dominan dalam mengatur perilaku manusia.
Di bab behavioral dipelopori oleh banyak tokoh-tokoh berpengaruh.

Dimana dari tahun-tahun sebelumnya, banyak tokoh yang mengembangkan teori behavioral satu ini. Misalnya Ivan Petrovich Pavlov di tahun 1849 – 1936, selain itu ada pula tokoh lain seperti Edward Lee Thorndike, John Broadus Watson, dan masih banyak lagi. Semuanya hanya akan diulas tuntas di dalam buku ini.

4. Eksistensi Humanisme

Pendekatan eksistensi humanism juga akan di bahas tuntas di buku pendekatan-pendekatan teori dan aplikasi terbitan deepublish. Teori ini adalah pendekatan konseling yang pertamakali berkembang pada akhir

5. Perang Dunia I dan II.

Eksistensi humanism pendekatan sikap terhadap isu-isu hidup yang membicarakan tentang hidup, mati, kebebasan dan tanggung jawab. Konseling eksistensial pendekatan yang melakukan pemeriksaan kesadaran individu dari diri mereka dan kejadian sehari-hari untuk masalah eksistensi manusia.

Tokoh yang paling berpengaruh dalam pendekatan eksistensi humanism adala viktor frankl, rollo may, Jean-Paul dan Fritz and Laura Perls. Dari beberapa tokoh tersebut, kamu bisa melihat penemuan dan pembahasannya langsung di karya buku M. Andi Setiawan.

Ada banyak sekali pendekatan-pendekatan konseling teori dan aplikasi. barangkali kamu pernah mendengar dengan istilah Client center? Nah, di sini kamu akan mempelajari hakikat manusia, perkembangan manusia, pribadi sehat dan pelaksanaan konseling dengan client center. Kamu juga akan berkenalan dengan banyak pendekatan lain.

Diantarannya pendekatan gestalt, analisis transaksional, trait factor dan konseling rasional emotif behavior. Di halaman 177, kamu akan dikelankan tentang konseling berfokus pada solusi SFBC (Solution Focus Brief Counseling) dan Alfred Adler. Semua ulasan-uasan bisa kamu pelajari lengkapnya hanya www.penerbitbukudeepublish.com. Kamu juga bisa dapatkan koleksi bukunya di marketplace.

Sekian, semoga ulasan review ini cukup memberikan gambaran buat kamu yang sedang mencari buku pendekatan-pendekatan konseling teori dan aplikasi. Kamu pun juga bisa menemukan koleksi buku serupa di katalog buku Deepublish lebih lengkapnya loh.

Baca juga : Review Buku : Awas Bahaya Ancaman Tuberkulosis

Detail Buku :

Judul buku : Pendekatan-pendekatan Konseling Teori dan Aplikasi
Penerbit : Deepublish
Pengarang : M. Andi Setiawan
ISBN : 978-602-475-808-0
Ukuran : 15.5×23 cm
Halaman : xii, 234 hlm
Harga : Rp.120.000
Tahun Terbit : 2018