Buku Teknik Interface
Review

Buku Teknik Interface Sensor dan Actuator menggunakan Proteus, Arduino, dan Labview

Buku Interface sensor dan actuator akan mengupas tentang apa itu sensor dan actuator pada komputer. Istilah interface masih berhubungan dengan sensor dan actuator dengan komputer dan alat penghubung yang digunakan di buku ini adalah hardware arduino dan software labView.

Buku interface sensor dan actuator ini memang tidak banyak dipahami dan familiar di dengar. Karena hanya mahasiswa jurusan teknik komputer atau yang mengambil komputer yang familiar dengan istilah ini. jadi software proteus di gunakan untuk mensimulasikan hardware arduino, sensor dan actuator.

Nah, buat kamu nih yang sedang mencari-cari buku tentang interface sensor dan actuator, kamu bisa dapatkan buku karya Dian Artanto satu ini. Di bab ini kamu akan mempelajari beberapa poin, langsung saja cekidot ulasan berikut.

Pembagi Tegangan

Jadi buku teknik yang satu ini akan mengulas tentang pembagi tegangan. Secara garis besar, di bab ini akan mengulas ide sederhana bagaimana merangkai dan membagi tegangan dan penerapan untuk mendeteksi. Misal mendeteksi dari 4 buah tombol yang sedang di tekan.

Di bab pembagian tengan inilah kamu akan mempelajari tentang softwar proteus, dimana software ini sering digunakan untuk melakukan simulasi rangkaian. Sering pula untuk melakukan pengukuran arus dan tegangan pada rangakaian juga loh.

Pembaca Sinyal Analog

Pastinya kamu yang mengambil ilmu komputer, juga tidak asing lagi dengan sinyal analog bukan. Atau masih binggung dengan sinyal analog, nah kamu bisa mempelajarinya di bab ini. secara garis besar, di bab ini akan diulas tentang pembacaan tegangan keluaran dari rangkaian pembagi tegangan menggunakan ADC Arduino dan pemprogramannya.

Tidak sekedar itu juga loh. Kamu pun secara otomatis juga akan diperkenalkan bagaimana sih menampilkan data di komputer melalui serial monitor. Dimana tidak semua orang tahu carannya. Carannya bagiaimana? Pastinya diperlukan simulator dengan sebuah software. Software yang digunakan adalah software proteus yang sudah di program dan menggunakan software IDE Arduino.

Penampilan Data

Di bab penampilan data pada interface sensor dan actuator kamu akan mempelajari apa itu simulasi rangkaian sensor arah angin. Mempraktekan sensor arah angina menjadi tantangan sendiri pastinya. Setidaknya kamu pun akan mempelajari bagaimana sih cara menghubungkan simulasi dengan serial monitor arduino dan labVIEW.

Menyinggung dengan labVIEW, merupakan data rangkaian. Jadi labVIEW tidak hanya menampilkan bentuk teksnya saja, tetapi juga membentuk gambar. Nah, pastinya hal ini hanya dipahami oleh mereka yang mengambil jurusan elektronika dan komputer. Itu sebabnya buku ini dikhususkan untuk mahasiswa dibidangnya.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang ingin mempelajari ilmu ini, meskipun tidak sesuai jurusan kamu. Sebenarnya tidak ada masalah yang berarti, kamu tetap bisa mempelajarinya juga kok.

Grafik, Tabel dan Penyimpanan Data

Kelebihan buku interface sensor dan actuator ditulis secara gamblang dan lengkap. Salah satunya di bab ini, akan disuguhkan grafik, table dan penyimpanan data. Disana akan dijelaskan beberapa jenis grafik yang akan dikupas tuntas. ketiga bentuk grafik tersebut adalah grafik maveform chart, waveform graph dan 2D Compass.

Ketiga macam jenis grafik tersebut, ada juga yang namannya table dan data sensor. Nah, data sensor inilah yang disimpan ke dalam file secara berkala disertai dengan catatan waktu penyimpanan. Terkait file tempat penyimpanan data pun bisa dibuka sewaktu-waktu dan ditampilkan dalam bentuk grafik juga loh.

Interface sensor dan actuator

Di bab interface sensor dan actuator ini adalah inti pembahasan. Karena di sini kamu akan dijelaskan penggunaan proteus, arduino dan labVIEW itu sendiri. Membicarakan tentang sensor, ada tiga sensor dan 3 aktuator yang dapat dihubungkan nantinya.

Dimana kesemua actuator dapat dilakukan kontrol, diatur hubungan di komputer dan dimonior hanya dengan lewat arduino dan labVIEW. Jadi, ini sebenarnya sangat menyangkan. Apalagi jika kamu mengetahui secara detailnya.

Interface sensor dan actuator ini juga akan menggunakan hardware arduino, sensor dan actuator secara riil untuk mengimplementasikan program yang dijalankan menggunakan proteus. Setidaknya di bab ini puallah, kamu akan belajar tentang pembuatan hardware sensor arah angina dengan 4 buah reed switch dan magnet juga loh.

Baca juga : 2 Buku Kimia Dasar Untuk Mahasiswa

Komunikasi data secara Nirkabel

Di bab ini adalah bab yang paling menyenangkan. Karena di bab ini kamu akan mempelajari hubungan komnikasi data tanpa bersentuhan langsung dan tanpa melalui kabel. Jadi kamu akan mempelajari penambahan Bluetooth HC-05 dan NRF224L01 yang dapat dimanfaatkan untuk interfase sensor dan actuator menggunakan komputer.

Tentu saja menggunakan komputer secara nirkabel. Kini komputer seacara nirkabel memang lebih praktis dan efisien. Di lapangan pun juga banyak dibutuhkan juga. Karena sifatnya lebih fleksibel. Seringkali sering dimanfaatkan dan digunakan untuk memantau dan mengendalikan banyak nodes (simpul) sekaligus dapat diakomodasi melalui komunikasi nikabel juga.

Meskipun buku ini termasuk buku pendidikan, sebenarnya kamu pun juga bisa mempelajari buku ini. asal, kamu memahami dasar-dasarnya agar tidak binggung dengan penjelasan pada buku interface sensor dan actuator ini.

Kelebihan buku ni memang lebih mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang lebih simpel. Pas sesuai gaya mahasiswa saat ini. buat kamu yang tertarik dan berminat mendapatkan buku ini, bisa langsung dapatkan segera di penerbit buku Deepublish.

Detail Buku :

PengarangDian Artanto
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuBuku Teknik
ISBN978-602-453-367-0
Ukuran17.5×25 cm
Halamanxii, 262 hlm
HargaRp 127.000
KetersediaanPesan Dulu
 Terbit 2017

Komentar Dinonaktifkan pada Buku Teknik Interface Sensor dan Actuator menggunakan Proteus, Arduino, dan Labview