buku untuk mahasiswa psikologi
Rekomendasi Buku

5 Buku Yang Wajib Dibaca Mahasiswa Psikologi

Daftar 5 Buku Yang Wajib Dibaca Mahasiswa Psikologi – Mengambil jurusan psikologi sebenarnya keputusan yang tepat. Di jurusan psikologi, kamu tidak hanya mempelajari ilmu psikologi industri, tetpai juga mempelajari ilmu lain tentang perilaku manusia. Tahukah kamu jika mempelajari ilmu psikologi tidak ada nyeselnya.

Karena di sana kamu akan mempelajari berbagai macam istilah yang banyak orang lain tidak ketahui. Misalnya mempelajari gangguan mental, mempelajari sikap dan pengaruh manusia, mempelajari motif seseorang melakukan tindakan ini atau itu dan masih banyak lagi. Nah, adapun buku ang wajib dibaca mahasiswa psikologi saat menginjak di semester pertama hingga semester akhir.

5 Buku Yang Wajib Dibaca Mahasiswa Psikologi

Atau mungkin, kamu juga sekarang lagi binggung mencari daftar rekomendasi buku-buku yang wajib dibaca mahasiswa psikologi? Tentang pada kesempatan kali ini akan saya tuliskan beberapa buku yang pasti akan kamu pelajari di kelas. Penasaran bukan. Langsung aja simak ulasan berikut.

1. Buku Psikologi Industri

Rekomendasi buku wajib dibaca mahasiswa psikologi industri yang pertama adalah psikologi industri. Di dalam buku ini fokus cakupan yang akan kamu pelajari tidak sekedar seputar industri saja. Tetapi juga akan mengulas kerja seorang HRD dalam menjalankan organisasi. Berlaku untuk organisasi swasta, organisasi besar ataupun organisasi kecil.

2. Buku Psikologi Perkembangan

Sedangkan rekomendasi buku yang wajib dibaca mahasiswa psikologi yang tidak kalah penting adalah psikologi perkembangan. Psikologi perkembangan mempelajari ilmu tentang perkembangan manusia. Dimana perkembangan manusia di hitung dari masa konsepsi hingga manusia itu menemui ajalnya.

Saat mempelajari psikologi perkembangan, jangan bayangkan kamu hanya mempelajari tentang siklus proses terjadinya konsepsi dan kelahiran manusia saja. Ada banyak cabang ilmu yang akan di ulas di psikologi perkembangan. Diantarannya mempelajari tentang kematangan emosi, perekmbangan anak yang setiap hari dan bulan selalu berubah dan masih banyak lagi.

Belum lagi masa perkembangan setelah anak-anak, yaitu menuju remaja ke dewasa. Juga terdapat perkembangan. Tentu saja setiap fase perkembangannya memiliki teorinya sendiri-sendiri. Manivestasi jangka panjangnya, psikologi perkembangan yang telah terbentuk sejak lahir hingga dewasa inilah yang nantinya akan mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Terkait dengan sikap pun juga ada teori lain lagi.

Dengan kata lain, ilmu psikologi satu ini sangat luas sekali. terlalu luasnya cakupan. Maka buku psikologi perkembangan pun memiliki berbagai macam judul dan penulis buku. Tentu saja kamu bisa memilih salah satu dari banak variasi pilihan buku perkembangan.

Baca juga : Psikologi Komunikasi Teori dan Praktek

3. Buku Psikologi Klinis

Psikologi klinis juga salah satu rekomendasi buku yang wajib dibaca mahasiswa psikologi. Khususnya buat kamu yang sudah mantab ingin fokus di klinis. Psikologi klini ini secara garis besar akan mempelajari tentang dunia menis dan gangguan mental serta kesehatan mental.

Membicarakan kesehatan mental, kini banyak sekali kasus. bahkan, orang yang kelihatannya normal sekalipun, sangat mungkin mengalami gangguan mental. Apalagi era digital saat ini yang semakin canggih. Semakin banyak informasi yang masuk di dalam otak, dan semakin banyak media sosial yang memicu rasa iri dengki bagi mereka yang tidak cukup memiliki mental yang matang.

Hal-hal inilah yang sebenarnya sumber terjadinya permasalahan dalam hidup seseorang. Hingga pada puncaknya, akan terjadi depresi dan stress. Banyak juga yang sampai stress berat, dan mengalami gangguan syzoprenia ataupun manis-depresif. Jika seseorang sudah mengalami tingkat yang berat, maka jalan keluar tidak lagi lewat psikolog atau terapis, tetapi sudah masuk ke psikologi klinis.

Dimana psikologi klinis ini lebih menekankan pada penggunaan obat-obatan untuk menangani orang yang mengalami gangguan mental tersebut. Sedangkan psikolog lebih fokus pada konsultasi tanpa melibatkan atau menggunakan obat-obatan.

4. Buku Psikologi Sosial

Rekomendasi buku yang wajib dibaca mahasiswa psikologi yang tidak kalah menarik dan keren adalah buku psikologi sosial. Di sini kamu akan belajar seputar interaksi dan dunia manusia dalam aktivitas sehari-hari. termasuk pula mempelajari alasan seseorang melakukan tindakan ini kanepa tidak melakukan tindakan itu.

Rekomendasi buku psikologi sosial yang wajib kamu baca adalah karya buku Baron dan Bryne. Di sana kamu tidak hanya mempelajari tentang afirmasi positif dan emosi. Tetapi kamu juga bisa mempelajari cinta. Ternyata jatuh cinta itu bisa diciptakan. Hal ini menegaskan bahwa ketika seseorang jatuh cinta, itu tidak selalu karena takdir. Karena faktor repetead exposure atau pertemuan yang berulang.

Paparan yang berulang-ulang juga menjadikan salah satu alasan seseorang bisa saling mencintai. Teori baron dan byrne jika dalam bahasa jawa lebih tepatnya disebut dengan “tresno jalaran soko kulino” (setia karena sering bersama). Nah, loh, di bab ini dijamin kamu menikmati, karena seolah kita tengah mempelajari diri sendiri.

5. Buku Psikologi Pendidikan

Rekomendasi buku yang wajib dibaca mahaasiswa psikologi yang selanjutnya adalah psikologi pendidikan. sesuai dengan namannya, maka di caban ilmu psikologi ini fokus dunia pendidikan. secara umum memang terkesan biasa-biasa saja. Tetapi jika di fokuskan lebih dalam, psikologi pendidikan ini memiliki cabang ilmu lagi.

Sampai-sampai ilmu psikologi pendidikan ini dominan digunakan untuk jurusan PGSD. Biasannya mahasiswa yang mengambil jurusan sebagai Guru SD, sebagian besar ilmu psikologi yang akan dipelajari adalah buku pendidikan anak-anak.

Tahukah kamu jika perkembangan mental dan kematangan berfikir anak-anak pun dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan lingkungan. Dimana di sini menekankan bahwa anak usia dini membutuhkan stimulus dari lingkungan secara positif.

Sejak dini pula, anak pun dilatih untuk mengasah motoric halus dan motoric kasar. Jika kedua motoric ini seimbang, maka akan membantu anak untuk mencapai kematangan emosi dan berfikir lebih baik lagi. Berlaku sebaliknya.

Adapun rekomendasi buku psikologi yang wajib dibaca oleh mahasiswa, misalnya ilmu psikoterapi, analisis jabatan, kode etik psikologi, psikologi umum dan masih banyak lagi yang wajib di baca oleh mahasiswa psikologi jenjang S1.

Nah, dari beberapa rekomendasi buku yang wajib dibaca mahasiswa psikologi di atas, buku apa yang paling menarik bagi kamu? Pasti ada salah satu cabang yang kamu suka. Jika kamu belajar psikologi umum, maka kamu akan mempelajari semua cabang ilmu di atas.

Baca juga : Kajian Dalam Buku Perilaku Seksual Pada Remaja

Tentu saja karena masih umum, ulasan yang akan dapatkan pun juga juga sebatas secara garis besar dan secara umumnya saja. JIka kamu ingin mempelajari lebih spesifik dan lebih mendetail terkait satu cabang ilmu, misalnya ingin menjadi spikolog, maka kamu harus melalnjutkan ke jenjang S2.

Jika tidak ingin melanjutkan S2, ya kamu sekedar lulusan S1 yang tidak memiliki spesialisi khsusus. Paling tidak kamu pun tahu ilmu tentang psikologi dan tetap bisa belajar sendiri.