cara daftar perpustakaan nasional
Tips Trik

5 Cara Mencari Buku Di Perpustakaan Nasional Online

Cara mencari buku di perpustakaan nasional online – Siapa yang mengaku suka membaca buku? Buat kamu yang suka membaca buku, pernahkah kamu membaca buku di perpustakaan nasional? Mungkin banyak yang jawab belum pernah. Karena dari segi lokasi, memang berlokasi di Jakarta. Bagi yang tinggal di Jakarta, mungkin saja bisa ke sana. Tetapi bagi yang rumah jauh dari ibu kota, pasti hanya sebagian kecil saja.

Ternyata membaca buku di perpustakaan nasional (perpusnas) tidak harus datang ke sana loh. Kini kamu bisa membaca koleksi yang ada di perpusnas secara online. Tentu saja ini kabar gembira buat kamu yang ngaku suka membaca buku. Termasuk buat kamu yang sedang mencari buku referensi untuk membuat skripsi, tesis atau update hasil penelitian dari dalam negeri. Nah, permasalahannya sekarang adalah, bagaimana sih cara mencari buku di perpustakaan nasional online?

Mengingat tidak semua orang tahu loh cara mengaksesnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mencari buku di perpustakaan nasional online. Sebenarnya tidak hanya berlaku untuk mencari buku saja, tetapi jurnal penelitian juga bisa kamu baca lewat ipusnas atau yang akrab di dengar dengan perpustakaan digital nasional (perpustakaan dalam genggaman).

Sebelum masuk ke inti “Cara mencari buku di perpustakaan nasional online” saya singgung terlebih dahulu fitur layanan dari Ipusnas dulu nih. Jadi Perpusnas mengikuti jaman era millenial yang serba digital dan memudahkan mereka juga bisa menikmatinya. Jadi kamu hanya bermodal ponsel tipis, dimanapun dan kapanmu bisa membaca tanpa harus bawa buku tebal. Fitur di ipusnas tersedia dua aplikasi, yaitu iOS yang kerjanya mirip seperti media sosial dan ada pula yang menggunakan platform Android. Jadi hampir semua bisa dinikmati oleh semua aplikasi smartphone.

Jadi buat kamu yang ingin membaca secara ipusnas, ada dua pilihan baca. pertama membaca secara online dan secara offline. Jadi kamu dapat memilih, menyesuaikan kuota masing-masing pembaca. Sebagai perpustakaan nasional, sudah pastinya selalu memberikan hal-hal unik. Salah satunya di sana ada penanda halaman bukunya sudah kamu baca atau belum. Biar tidak terlalu panjang, langsung saja berikut cara mencari buku di perpustakaan nasional online.

Langkah Pertama : Instal Aplikasi Perpusnas / Kunjungi Websitenya

Langkah pertama Cara mencari buku di perpustakaan nasional online adalah memasang aplikasi perpusnas di google play store terlebih dahulu. Nah, buat kamu yang smartphonenya adalah iOS atau apple, bisa klik link berikut. Nah, sebaliknya, buat kamu yang hanya memiliki android, tetap bisa pasang kok, bisa klik link berikut ya. Setelah terpasang aplikasi.

Buat kamu yang masih mahasiswa, yang tidak sekedar membaca buku tetapi juga membaca jurnal dan citation juga bisa. Salah satunya dengan cara mendaftarkan diri secara online kenaggotaan online di perpustakaan Nasional RI. Kamu bisa daftar di sini. Maka di sana akan muncul kolom pendaftaran. Kamu tinggal klik “darftar”. Jika sudah memiliki akun, bisa login menggunakan username dan pasword yang sudah kamu miliki.

Klik link ini : https://keanggotaan.perpusnas.go.id/

Cara mencari buku di perpusnas

Langkah Kedua : Pahami Alurnya

Khusus bagi kamu nih yang masih menjadi anggota pertama. Kamu akan diarahkan melengkapi syarat dan ketentuan sekaligus dijabarkan hak dan kewajiban seorang peserta didik. Nah, di sini pastikan kamu membaca baik-baik ya. Agar tidak binggung dan tahu prosedur serta tahu Cara mencari buku di perpustakaan nasional online.

Persyaratan pendaftaran di perpusnas
Persyaratan pendaftaran di perpusnas

Jika semuanya sudah di rasa paham, tinggal klik lanjutkan pendaftaran. Sebaliknya, jika kamu merasa kurang nyaman dan kurang klik, ya tidak perlu dilanjutkan.

Jadi pemberitahuan syarat, ketentuan dan aturan disampaikan di depan agar tahu konsekuensi dan tanggung jawab seorang peserta. Karena data yang akan kamu isikan nantinya benar-benar harus dipertanggungjawabkan. Sebenarnya aturan yang ditawarkan tidaklah menyeramkan. Hanya sebatas pemberitahuan dan edukasi kesetiap anggota pemustaka saja.

Baca juga : Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan

Langkah Ketiga : Daftar Jadi Anggota Perpusnas

Cara mencari buku di perpustakaan nasional online syaratnya memang harus menjadi anggota terlebih dahulu. Jika tidak, maka tidaka bisa melakukan akses. Maka, di tahap ketiga ini kamu kamu diarahkan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota terlebih dahulu. Di tahap ini kamu wajib mengisi dan melengkapi pengisian form.

Daftar jadi anggota perpusnas
Daftar jadi anggota perpusnas

Dimana isian form ini harus diisi menggunakan identitas asli. Jangan diisi menggunakan identitas tetangga atau identitas hewan peliharaan kamu loh ya. Bisa bahasa nih, tentu saja hewan peliharaan tidak memiliki KTP kan? karena di sana syaratnya memiliki KTP sebagai bukti sebagai warga negara Indonesia yang baik. Seperti biasannya, di sana akan ada bebera form yang harus diisi. Karena banyak kolom yang harus kamu lengkapi isi.

Selama proses pengisian, ada satu hal yang perlu kamu catat. Pastikan kamu mencatat nomor anggota. Karena nomor anggota inilah yang digunakan untuk melakukan login. Jika lupa nomor anggota tersebut, urusannya akan ribet. Karena harus diurus langsung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Seperti yang kita tahu, lokasi nya ada di Jalan Medan Merdeka. Sel. No. 11, RT. 11/RW 2, Gambir, Senin, Kota Jakarta Pusat, DIY 10110. Ada yang belum tahu lokasinya? Gampang tinggal Tanya mbah google map, kamu akan di antarkan sampai sana. Jika tidak yakin dengan google map karena takut tersasar atau masuk portal jalan, bisa deh nanya warga di sana, biar sedikit ada sosialisnya. Karena menggunakan google map itu kadang terkesan individualis dan tidak butuh orang.

Langkah Keempat : Cara Cari Jurnal di Perpustakaan Nasional

Cara mencari buku di perpustakaan nasional online yang keempat setelah terdaftar adalah mengunjungi ke halaman ini : http://e-resources.perpusnas.go.id/.

Cara cari jurnal dengan e-resources
Cara cari jurnal dengan e-resources

Dimana situs ini disebut dengan e-resources. Jadi di sinilah kamu bisa berselancar dan mencari situs mencari ebook, jurnal, dan lain sebagainya. Kamu bisa menemukan hasil penelitian dan kajian terbaru secara lebih mudah dan tentu saja sudah legal. Sekali lagi, perlu diingat bahwa kamu harus mencatat nomor anggota sebagai login.

Langkah Kelima : Lakukan Pencarian

Di sinilah kamu akan masuk ke halaman pencarian. Dimana kamu bisa langsung mempraktekan bagaimana Cara mencari buku di perpustakaan nasional online. Yaitu cukup mengetikan kata kunci yang dicari. Pastikan untuk mengetikan kata kunci yang tepat dan spesifik. Maka nanti akan keluar banyak sekali pilihannya. Di sana juga ada banyak menu dan tools yang bisa kamu pelajari sendiri dan coba-coba.

kelebihan menggunakan ini adalah, semua pencarian yang kamu cari akan dibantu disortir. Dibantu menyortir konten yang sangat dekat dengan yang kamu cari, bahkan menyortir pula tahun terbit, jenis teks dan lain-lainnya.  Memang banyak berbeda ketika kita menggunakan cara mencari buku di perpustakaan nasional online dibandingkan datang langsung ke sana. Jadi, memang orang yang benar-benar melek internet yang akan mahir dan bisa mengakses.

Nah buat kamu yang merasa kurang mahir menggunakan internet. Tenang, kamu bisa mempelajari dan praktek pelan-pelan. Menurut saya pribadi, ketika tidak bergabung menjadi bagian anggota perpusnas, sangat di sayangkan. Apalagi jika kita dari kalangan akademisi, penulis dan semacamnya. Setidaknya dengan cara masuk di sana, kita pun akan lebih update seputar dunia perbukuan dan literasi. Update informasi inilah yang akan mempengaruhi kualitas tulisan, hasil penelitian atau dari hasil penulisan skripsi.

Itulah cara mencari buku di perpustakaan nasional online. Apakah dengan ulasan ini sekarang kamu lebih memahami dan semakin yakin bergabung di sana? Mengingat bergabung disana gratis, menurut saya tidak ada salahnya bergabung. Toh kita tidak akan dirugikan, justru kita dicerdaskan dengan kualitas literasi yang ditawarkan.

Oh iya, bergabung menjadi anggota perpustakaan nasional online, kita tidak perlu lagi datang ke perpustakaan kota, yang mana, bisa jadi lokasinya jauh dari tempat tinggal. Apapun itu, semoga literasi dan kesadaran membaca semakin baik. Salam literasi.

Baca juga : Siapa Yang Diuntungkan dari Resensi Buku?

Kontributor : Irukawa Elisa