review buku biokimia pengan dasar
Buku Kimia,  Review

Cerdas Menguasai Ilmu Biokimia Pangan Dasar? Baca Buku Ini!

Cerdas Menguasai Ilmu Biokimia Pangan Dasar? Baca Buku Ini! – Biokimia pangan dasar salah satu cabang ilmu yang sangat menarik dan penting. Buku biokimia tentang pangan juga pasti akan banyak dicari. Mengingat makanan menjadi kebutuhan dasar. Barangkali ada yang belum memahami apa sih biokimia pangan dasar itu sendiri.

Ilmu biokimia atau ilmu tentang pangan bisa dikatakan tidak banyak orang yang mengetahui ilmu ini. sebagian kecil orang saja yang mengetahui. Padahal buku kimia pangan dasar itu sendiri salah sati ilmu kesehatan dan kedokteran, kimia, biologi dan ilmu-ilmu lain. DImana hasil akhirnya sangat membantu meningkatkan mutu dan meningkatkan kualitas hidup manusia itu sendiri.

Isi Buku Ilmu Biokimia Pangan Dasar

Buku karya Agung SUmbono ini akan mengulas secara jelas, lugas dan tuntas. saking lengkapnya, tidak tanggung-tanggung, dalam satu buku, buku ini mencapai 555 halaman. Penasaran bukan, mengulas apa saja sih? langsung saja berikut diantara ilmu yang akan kamu pelajari

1. Molekul Organisme Hidup dan Pangan

Molekul organisme hidup dan pangan akan mempelajari sub poin. Diantarannya akan mempelajari terkait biokimia dan organisasi terkecil makhluk hidup. termasuk pula mempelajari makromolekul organic pada organisme hidup dan pengenalan dan definisi pangan dan gizi. Selain itu, kamu juga akan bersinggungan dengan zat pangan terhadap biomolekul manusia.

Karena buku ini diperuntukan sebagai mahasiswa atau dosen yang memahami biokimia, tentu saja buku ini kurang cocok jika dibaca oleh orang umum. Karena di sana akan banyak istilah yang asing dan komposisi yang sulit dipahami oleh masyarakat umum. Kecuali bagi mahasiswa yang akrab dengan dunia kimia, buku ini cocok, terutama buat kamu mahasiswa yang ingin fokus di biokimia.

2. Pencernaan dan Penyerapan Makanan

Kita tahu bahwa manusia memiliki sistem pencernaan. Bahkan hewan pun juga memiliki sistem pencernaan. Maka dari iitu, pada bab ini, penulis sengaja menjelaskan bagian sistem pencernaan dan fungsi dari masing-masing pencernaan yang terdiri dari 9 jalan. Mulai dari mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, empedu dan pancreas.

Buku biokimia pangan dasar nantinya juga tidak jauh akan mengulas tentang proses pencernaan dan penyerapan makanan. Ada beberapa makanan yang mudah di cerna dan tidak mudah di cerna.

Misalnya pencernaan dan penerapan karbohidrat dan pencernaan dan penyerapan protein juga akan diuraikan di bab ini. Termasuk pula akan mengulas pencernaan dan penyerapan lemak, vitamin dan penyerapan mineral dan air.

3. Asam Nukleat

Buku biokimia pangan dasar selain mempelajari asam nukleat, juga akan mempelajari bebera hal yang sudah sering kamu temui. Misalnya mempelajari struktur, karakteristik dan fungsi dari air, karbohidrat dan protein. Semua unsur-unsurnya akan dijelaskan secara tuntas di buku ini.

Nah, terkait dengan asam nukleat itu sendiri, juga akan dijelaskan terkait struktur asam nukleat, yang terdiri dari nukleotida, polinukleotida, struktur asam nukleat primer, strukrut asam nukleat sekunder, struktur asam nukleat tersier dan struktur asam nukleat kuaternet.

Di dalam asam nukleat juga memiliki beberapa bentuk asam, seperti asam deoksiribonukleat yang terdapat namannya denaturasi dan Replikasi DNA, replikasi semikonservatif, replikasi DNA semi discontinue polimerisasi DNA. Tentu saja penjelasannya hanya bisa kamu dapatkan jika membaca langsung buku ini.

4. Lipida

Lipida adalah senyawa yang ditemukan di kuning telur dan sistem saraf manusia. Lipid termasuk komponen penting dari tanaman, hewan, dan membrane mikroba. Sifat lipit sukar larud dalam air, tetaip mudah larud alam pelarut organic seperti kloroform (aseton).

Nah, di bab inilah kamu nantinya akan mempelajari tentang asam lemak dan turunannya. Seperti mempelajari struktur asam lemak, sifat asam lemak, fungsi asam lemak, kebutuhan asam lemak, kelebihan/toksistas asam lemak, sumber asam lemak dan masih banyak lagi.

Terdapat pula yang namannya triasilgliserida. Nah, di bab ini pula akan terangkan strktur gliseroplipid, fungsi dan sifat gliserolipid dan juga akan mempelajari tentang metabolism gliserolipid. Belum lagi mempelajari tentang fofolipid, fosfoasilglisero, glikolipid, steroid dan masih banyak lainnya lagi deh bab ini.

5. Enzim

Buku berjudul biokimia pangan dasar juga akan memperkenalkan tentang enzim. Enzim adalah biomolekul berbentuk protein yang berfungsi sebagai katalis dalam reaksi kimia organic. Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk.

Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi yang disebut promoter. Semua proses biologis sel memerlukan enzimagar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme ang ditentukan oleh hormone sebagai promoter.

Nah, di bab inilah nantinya kamu akan mempelajari yang namannya struktur dan fungsi enzim, faktor yang mempengaruhi kerja enzim, fungsi enzim, penggolongan enzim, sifat enzim, dan mekansis aktivitas enzim itu sendiri. Termasuk pula akan dipaparkan peran enzim itu sendiri di pada beberapa olahan makanan.

Buku ini pokoknya sangat direkomendasikan. Ada banyak ilmu yang akan di paparkan dalam buku biokimia pangan dasar ini.

Baca juga : Review Buku Teknik Laboratorium – Penanganan Bahan Kimia

Detail Buku

Judul Buku        : Biokimia Pangan Dasar

Penerbit             : Deepublish

Pengarang         : Aung Sumbono

ISBN                     : 978-602-401-631-9

Ukuran                : 17.5×25 hlm

Halaman             : xxix, 586 hlm

Harga                   : Rp 218.000