review buku kalkulator matematika
Review Buku

Rung Lingkup Materi Dalam Kalkulator Matematika Terlengkap! Hanya Di Buku Ini

Mengambil jurusan matematika? Sama artinya dengan mempelajari persoalan dalam matematika. Cabang ilmu matematika secara garis besar akan mempelajari kalkulator matematika dengan geogebra. Dimana di sana akan belajar bagaimana menghitung numeric.

Perhitungan numeric memang salah satu permasalahan matematika yang sebenarnya sangat membosankan dan cenderung dihindari. Buat kamu nih yang ingin mempelajari tentang kalkulator matematika karya Salamat Sieregar.

Ada beberapa bab yang akan kamu pelajari di bab ini. Diantarannya mempelajari tentang jenis-jenis fungsi dan grafiknya. Di bab ini kamu akan mempelajari fungsi linear, fungsi kuadrat, fungsi polynomial, fungsi konstan, fungsi mutlak dan fungsi khusus.

Rung Lingkup Materi Dalam Kalkulator Matematika Terlengkap! Hanya Di Buku Ini

Di buku kalkulator matematika terbitan Deepublish mempelajari banyak sekali bab. Diantarannya sebagai berikut.

Persamaan

Jika di bab awal akan diperkenalkan mempelajari fungsi dan grafik, maka di bab dua akan membahas tentang persamaan. Ada banyak persamaan, yaitu persamaan linear, persamaan kuadrat, persamaan pecahan, persamaah irasional dan persamaan nilai mutlak.

Di setiap bab, kamu akan mengenal rumus-rumusan persamaan. Jika biasanya persamaan dijabarkan dengan panjang lebar. Maka kelebihan buku ini menjelaskan setiap rumus dan dijelaskan lebih singkat dan lebih sederhana.

Pertidaksamaan

Kalkulator matematika selain mempelajari persamaan, juga akan mempelajari pertidaksamaan. Pertidaksamaan memiliki bentuk umum, yang berbentuk aljabar yang dihubungkan dengan tanda >, <, >, < atau ≠. Nah, di dalam pertidaksamaan terdapat dan dibagi menjadi beberapa bentuk. Mulai dari pertidaksamaan linear, pertidasamaan pecahan, pertidaksamaan irasional dan pertidaksamaan nilai mutlak.

Khusus pertidasamaan linear menggunakan GeoGebra, dimana pertidaksamaan linear tersebut ditentukan menggunakan Solve [pertidaksamaan linear]; hasilnya adalah {interval yang memenuhi}. Contoh: Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan linear : 3x – 4 > 5!

Sistem Persamaan

Kalkulator matematika juga akan memaparkan tentang banyak sistem persamaan. Ada tiga persamaan dalam kalkulator matematika. Diantarannya adalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), Sistem persamaan linear dan kuadrat (SPLK), sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).

Nah di setiap persamaan akan dijelaskan rumus singkat dan rumus kalkulator matematika yang lebih sederhana. Diberikan juga contoh-contoh kasus dan jawaban. Fungsinya jelas, agar mahasiswa atau peserta didik bisa memahami cara perhitungan dan cara kerjanya.

Baca juga : Review Buku Matematika: Nilai Awal dan Syarat Batas

Bentuk Akar dan Eksponen

Pernah mendengar operasi bentuk akar? Nah pada kalkulator matematika juga akan mempelajari tentang bentuk akar dan eksponen. Dimana di bab ini akan mempelajari beberapa sub bab. Seperti operasi bentuk akar, merasionalkan penyebut : ab + . Tidak sekedar itu saja, kita juga akan mempelajari bentuk akar yang jika ditulis bisa seperti (a + b ) + 2ab = a + .

Buku terbitan Deepublish mengupas tuntas pula tentang persamaan eksponen itu menggunakan rumas apa saja dan bagaimana. Tidak lengkap jika hanya mempelajari persamaan eksponen saja. Di bab ini juga akan menjabarkan pertidaksamaan eksponen dan grafik fungsi eksponen.

Logaritma

Kalkulator matematika memang ada banyak cabang yang akan dipelajari. Selain mengulas beberapa poin di atas,  juga akan mempelajari tentang logaritma suatu bilangan dan juga persamaan hingga pertidaksamaan algoritma. Di cabang ilmu logaritma pun mengulas beberapa cabang ilmu. Misalnya grafik fungsi logaritma.

Selain logaritma, dalam kalkulator matematika juga erat kaitannya dengan ilmu trigonometeri. Ilmu trigonometeri akan mengulas nilai fungsi trigonometri, grafik fungsi trigonometri dan akan menjabarkan tentang persamaan trigonometri.

Lingkaran

Lingkaran ternyata juga dapat dihitung menggunakan kalkulator matematika. Dimana di di sinilah juga akan mengulas tentang persamaan lingkarang, persamaan garis singgung lingkaran dan lingkaran dan segitiga.

Di bab ini dijelaskan bagaimana cara membuat lingkaran dalam segitiga. Ada yang dibuat menggunakan tiga bua titi, ada pula yang dibuat dengan garis bagi dari titik-titik. Titik-titk apa saja, ada beberapa poin penting. Diulas pula tentang lingkaran luar segitiga, lingkaran singgung segitiga dan masih banyak lagi.

Suku Banyak

Jika diulas satu persatu, buku matematika yang satu ini juga akan memaparkan tentang suku banyak. Misalnya mempelajari nilai suku banyak, pembagian suku banyak, sisa pembagian suku banyak termasuk pula mempelajari komposisi fungsi dan fungsi invers.

Nah buat kamu yang tidak tahu tentang fungsi invers, kamu akan dijabarkan di bab ini. setidaknya kamu pun juga akan mempelajari pula tentang operasi fungsi, komposisi fungsi dan fungsi invers. Pokoknya ada banyak hal yang akan kamu pelajar.

Tidak tanggung-tanggung, akan dibahas pula tentang limit fungsi. Di dalam cabang limit fungsi itu sendiri ada konsep limit, limit fungsi aljabar, limit fungsi trigonometri dan limit fungsi untuk x tak terhingga juga.

Buku setebal 154 halaman ini pun masih mengulas banyak kalkulator matematika. Misalnya mengulas tentang turunan fungsi, integral, program linear, matriks, vector, transformasi geometri, bangun data dan bangun ruang. Nah, buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, bisa dapatkan di www.penerbitbukudeepublish.com