buku bakteriologi
Review Buku

Review Buku : Bakteriologi – Mikroorganisme Penyebab Infeksi

Review Buku : Bakteriologi – Mikroorganisme Penyebab Infeksi – Bakterioilogi merupakan subjek yang berkembang dan berubah dengan cepat. Dimana organisme-organisme bar uterus ditemukan dan pemahaman kita akan potensi patogenik dari patogen yang telah dikenali sebelumnya pun semakin meluas.

Nah, buat kamu yang sedang binggung mencari buku ajar tentang mikroorganisme, kamu bisa dapatkan buku karya Evy Ratnasari Ekawati. Buku berjudul Bakteriologi: MIkroorganisme penyebab infeksi ini merupakan salah satu buku lanjutan dari buku berjudul Bakteriologi 1 dan 2.

Review Buku : Bakteriologi – Mikroorganisme Penyebab Infeksi

Buat kamu yang penasaran ruang lingkup yang akan di bahas di dalam buku ini tentang apa saja. kamu bisa intip secara garis kecilnya sebagai berikut.

Masalah umum dan peran Laboratorium

Mikrobiologi merupakan bagian ang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan. Terutama kesehatan manusia. Pemeriksaan mikrobiologi dapat membantu memberikan informasi mengenai kondisi pasien yang terinfeksi secara cepat, tepat dan akurat. Baik secara lisan atau tertulis. Mikrobiologi juga dapat membatu pasien dalam menghemat uang dan waktu selama proses perawatan.

Di bab ini kamu juga akan mempelajari tentang pengambilan dan penanganan sampel, teknik pengambilan sampel yang tepat dan masih banyak lagi. Akan diulas pula tentang pengiriman sampel dan pengawetan sampel.

Pentingnya Mikroorganisme Dalam Kesehatan

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa mikroorganisme memiliki peranan penting untuk kesehatan. Nah, di dalam bab ini, kamu akan mempelajari microorganism bagi kesehatan manusia, diantarannya akan mengulas tentang coccus gram positif, yang terdiri dari staphylococcus dan streptococcus.

Akan di jabar pula tentang coccus gram negative yang terdiri dari Neisseria, Neisseria gonorrhoeae dan Neisseria meningitides. Satu hal yang menarik dan penting lagi, kamu juga akan mempelajari tentang batang gram negative golongan enterobacteriaceae dan batang batang gram negative.

Memang banyak istilah asing bagi mereka yang tidak mengambil jurusan ini. namun bagi yang mengambil microorganism, istilah seperti batang gram negative pun sudah tidak asing lagi. Selain batang gram negative, ada juga batang gram positif, yang terdiri dari Corynebacterium diphteriae, bacillus dan mycobacterium.

Di sini kamu pun juga akan belajar tentang kokobasil gram negative yang terdapat bordetella pertussis dan spirilum gram positif, yang terdiri dari teponema pallidum. Nah, dari semua yang disebutkan di atas, akan di paparkan secara gamblang di bab pentingnya mikroorganisme dalam kesehatan.

Percobaan Hewan

Tidak dapat dipungkiri ketika fokus dicabang ilmu satu ini, pastinya kamu akan bersinggungan dengan yang namannya ekperimen dan percobaan. Nah, saat melakukan percobaan hewan, tentu saja ada tuntunan yang bisa kamu perhatikan.

Bagaimanapun juga, saat kamu melakukan percobaan hewan terkadang akan menemukan reaksi yang berbeda daripada umumnya. Misalnya munculnya gejala klinis pada hewan percobaan. Timbulnya gejala klinis pada hwan akibat mikroba misalnya, akan dapat diketahui baik secara mikroskopis dan makroskopis.

Dimana dari hasil ujicoba yang dihasilkan akan ditemukan pelengkap data identitas mikroba yang nantinya bisa menunjang identifikasi dan determinasi. Tidak dapat dipungkiri jika keberadaan hewan uji coba sebenarnya memberi beberapa manfaat. Diantarannya berguna untuk mempelajari patofisiologi penyakit infeksi, isolasi bebrapa bakteri pada biakan murni, memproduksi antisera dan masih banyak lagi.

Baca juga : (Review Buku) Narkotika dan Penanggulangannya

Mikroorganisme dalam Air Susu

Siapa sih yang tidak pernah minum susuk atau tidak tahu susu? Pastinya sudah pernah merasakan dan minimal tahu air susu. Kecuali bagi mereka yang memiliki alergi laktosa yang terkandung pada susu, maka orang tersebut memang tidak dianjurkan meminum susu.

Di bab lima kamu pun juga akan mempelajari tentang kandungan mikroorganisme dalam air susu. Tidak semua orang tahu jika air susu segar dapat digunakan untuk mengetahui sanitasi perusahaan pemerahan. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk berbagai tingkat kualitas air susu pun ada bebera grade.

Mulai dari grade A, grade B dan grade c. tentu saja setiap masing-masing grade memiliki mekanisme air susu pasteurisasinya sendiri-sendiri. Tentu saja mekanisme dalam pemerasan dan pemprosesan susu ini sangat penting. Karena akan mempengaruhi hasil akhir agar susu tetap steril dan sehat, bukan menyakitkan atau terkontaminasi oleh bakteri.

Memang ada beberapa bentuk bakteri yang mengkontaminasi susu jika tidak diolah dengan baik dan tepat. Mulai dari bakteri coli. Bakteri coli biasannya akan menyerang bbagi sapi yang sakit mastitis atau bisa juga karena dipengaruhi oleh sanitasi yang tidak memadai.

Ada juga bakteri psikrofilik atau bakteri yang akan timbul jika tidak mengatur tekanan suhu penyimpanan yang tidak benar. Pokoknya di buku ini akan diulas tuntas tentang mikrooranisme. Akan dipaparkan pula tentang microbiologi pangan, yang mana di sana juga akan mengulas mikroorganisme sebagai indikator mutu, cara pemanfaatannya dan masih banyak lagi.

Buku ini sangat cocok buat kamu yang akan fokus di jurusan Teknologi Laboratorium Medik, yang nantinya akan bekerja pada laboratorium klinik atau di laboratorium mikrobiologi.

Selengkapnya : Buku Bakteriologi Mikroorganisme Penyebab Infeksi