review buku entomologi dan pengendalian vektor
Review Buku

Review Buku Entomologi : Bahayanya Serangga Untuk Kesehatan

Review Buku Entomologi Dan Pengendalian Vector: Bahaya Serangga Untuk Kesehatan – Entomologi dan pengendalian vector berdekatan dengan serangga sebagai hewan yang paling sukses sekarang. Dikatakan sukses karena mereka menghuni setiap jenis habitat dan jumlahnya sangat banyak. Tahukah kamu jika sebagian besar dari kesuksesan mereka karena disebabkan oleh evolusi sayap mereka dan mekanisme makan yang bervariasi.

Serangga juga penting secara ekonomis bagi manusia. Mereka menyerbukan banyak tanaman, memakan panen sekaligus sebagaid ekomposer seresah. Tidak hanya itu, mereka pun juga menularkan penyakit berbahaya sebagai  agen pengendali hama sekaligus sebagai sumber makanan.

Buku karya Denai Wahyuni, Makomulamin dan Nila Puspitasari ini akan secara lengkap mengulas entomologi dan pengendalian vector dunia serangga. Setidaknya di dalam buku ini kamu akan mempelajari banyak hal menarik dunia serangga. Apa saja sih yang akan di bahas, langsung saja, kita spoiler bersama isi buku ini, cekidot.

Anatomi Serangga

Pastinya di buku entomologi dan pengendalian vector kamu akan mempelajari anatomi serangga. Eksistensi serangga sebagai salah satu komponen biotik yang kebedaannya dalam ekosistem mengakibatkan berlangsungnya interaksi antara serangga dengan komponen biotik lainnya. salah satu jenis serangga adalah serangga penggerek kayu. Dimana penamaan jenis ini berdasarkan aktivitasnya yang suka menggerek kayu terutama kayu segara.

Di bab inilah juga akan mengulas bahwa serangga penggerek kayu perlu dipahami, agar bisa menghambat laju perusakan serangga satu ini. salah satunya dengan membaca buku terbitan Deepublish, kamu akan mempelajari secara lengkap dan detail ciri dan struktur serangga tersebut. semua di ulas tuntas di sini deh pokoknya

Karena serangga memiliki macam yang berbeda-beda, maka di buku ini pun nantinya kamu akan mempelajari beberapa spesifik macam serangga. Mulai dari serangga nyamuk, lalat, kecoa, tikus dan masih banyak lainnya.

Nyamuk

Siapa sih yang tidak tahu serangga satu ini? pastinya semuanya tahu dong. Nyamuk salah satu serangga yang paling sering kita jumpai dan keberadaannya cukup menganggu. Menganggu karena setiap gigitannya mampu mengalihkan emosi menjadi jengkel akibat rasa gatal di kulit bekas gigitan nyamuk.

Memang ada macam jenis nyamuk. Ada nyamuk yang hanya menimbulkan gatal saja. Tetapi ada pula nyamuk yang bisa menimbulkan kematian loh. Misal DB dan cikumunya. Nah, menyinggung dunia pernyamukan yang dampak dari gigitannya bermacam-macam, maka di bab ini kamu akan diperkenalkan dunia nyamuk loh.

Jadi di bab ini kamu akan diperkenalkan tentang morfologi dan daur hidup nyamuk itu seperti apa, perilaku nyamuk juga bagaimana. Mengingat nyamuk pun juga memiliki perilaku tertentu setiap musimnya. Di bab ini pula kamu juga akan diperkenalkan tentang nyamuk anopheles itu apa dan tibus cullicini itu apa. Termasuk pula di buku entomologi dan pengendalian vector akan memberikan tindakan pengendaliannya juga.

Lalat

Sama seperti nyamuk, serangga satu ini juga cukup membuat geram. Karena keberdaannya sangat menganggu dan pastinya lalat penyebar penyakit dan bakteri. Dimana jika bakteri tersebut dikonsumsi dan tertelan, dapat menimbulkan gangguan kesehatan juga loh.

Membicarakan lalat, memang tidak akan habis mengeluhkan hewan satu ini. apalagi ketika musim hujan seperti ini. lalat jumlahnya sangat banyak, dan bagi pelaku usaha makanana sering terganggu juga akibat makanannya banyak di rubung lalat.

Nah, di bab ini kamu nantinya akan mempelajari siklus hidup lalat dan pola hidup lalat. Diamana tidak smeua orang tahu jika lalat yang menjengkelkan ini memiliki siklus hidup yang singkat loh. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari morfologi lalat itu seperti apa dan bagiamana. Termasuk pula klasifikasi lalat pun ternyata ada beberapa macamnya.

Baca juga : Beli 5 Buku Kesehatan Agar Tidak Penyakitan

Kecoa

Nah, serangga seperti kecoa juga salah satu serangga yang cukup menyebalkan juga. Kecoa juga membawa bakteri berbahaya di dalam tubuhnya jug aloh. Jika terkena manusia dapaat bermanivestasi bisa menimbulkan kegawatdaruratan. Nah, buku entomologi dan pengendalian vector pada kecoa akan mengupas klasifikasi dan morfologi kecoa itu seperti apa.

Menariknya, tahukah kamu jika kecoa ini ternyata memiliki beberapa jenis loh. Nah, kira-kira kecoa yang sering kamu temukan kecoa jenis mana nih? pastinya di bab ini ada karakteristik dan jenis kecoa yang akan kamu kenali. Termasuk daur hidup si kocak itu sendiri.

Tikus

Serangga lainnya yang juga sering kita temukan adalah tikus. Tikus ini membawa virus mematikan. Ada yang terkena virus tikus yang berakhir pada kematian loh. Jadi, kita harus sangat berhati-hati sama serangga satu ini. Terlepas dari bahaya atau tidaknya tikus, kamu akan mempelajari tentang klasifikasi, morfologi dan bologi tikus.

Termasuk pula akan mempelajari perkembangbiakan tikus yang bisa dikatakan pertumbuhannya lumayan cepat. Tikus pun juga memiliki kebiasaan makan dan macam-macam tikus juga loh. Misalnya tikus wirok, tikus clurut dan masih ada lainnya.

Buat kamu nih yang sangat benci sama hewan satu ini, kam bisa kok mengidentifikasi keberdaannya lewat beberapa tanda dan gejalanya. Apa saja sih gejalanya? Kamu bisa membaca langsung saja di bukunya ya.

Kelebihan buku ini, kamu pun setidaknya menjadi tahu cara pengendalian tikus di daerah kamu yang mungkin sudah mulai meluas dan banyak penyebarannya. Kamu bisa dapatkan buku ini di Toko Buku Deepublish.

Baca juga : Manajemen Informasi Kesehatan: Pengelolaan Dokumen Rekam Medis