review-buku larva avertebrata
Review

Review Buku Larva Avertebrata Dasar Laut Ekologi dan Tingkah Laku

Review Buku Larva Avertebrata Dasar Laut Ekologi dan Tingkah Laku – Sedikit orang yang mempelajari tentang larva avertebrata dasar laut ekologi dan tingkah lakunya secara mendalam. Kecuali bagi mahasiswa yang mengambil di jurusan ini. membicarakan tentang larva laut dapat diartikan sebagai salah satu fase awal dalam siklus hidup biota laut yang berukuran kecil yang sulit dilihat secara makro.

Buku larva avertebrata dasar laut ekologi dan tingkah laku karya Medy Ompi adalah buku yang tepat kamu miliki. Dimana buku ini tidak hanya menjelaskan secara umum saja. Tetapi secara spesifik. Larva laut memang tidak banyak yang memahami keberadaannya. Siapa yang menyangka jika larva ini memiliki keunikan. Selain unik dari segi ukuran, ternyata juga memiliki keunikan warna, bentuk dan perkembangan.

Larva memiliki kebiasaan dan cara makan yang berbeda dibandingkan hewan avertebrata lainnya. bahkan dalam perkembang biakan larva itu sendiri antara indukan dan anakan pun juga berbeda. Melihat ukurannya yang kecil membuat kehidupan menjadi tidak banyak perhatina.

Review Buku Larva Avertebrata Dasar Laut Ekologi dan Tingkah Laku

Buku terbitan deepublish ini sebenarnya salah satu buku yang diharapkan akan memberikan acuan dalam mempelajari larva avertebrata dasar laut. Buku ini juga diharapkan mampu menjadi penopang ilmu lain dibidang kelautan, seperti biologi, ekologi laut mahasiswa S1 dan S2. Penasaran bukan, buku ini secara garis besarnya akan mengulas apa?

1. Klasifikasi Perairan Yang Tepat

Pertumbuhan larva avertebrata tidak sembarang tinggal atau hidup. perbedaan ketinggian air laut yang menyebabkan pergerakan masa air ke selatan barat Indonesia dari laut pasifik melalui selat Lembeh, bahkan selat Sulawesi dengan membawa tidak hanya nutrient tetapi oleh para ahli pbiologi laut diperkirakan diikuti oleh larva selama berada di kolom perairan, yang secara pasif ataupun dengan kemampuan renan mereka akan terbawa pergerakan masa air.

Itu sebabnya laut Sulawesi memiliki keragaman biota laut yang tinggi yang dikenal sebagai epicenter biodiversity. Organisme laut satu ini menjadi sumber protein bagi seluruh dunia. Secara ekologis biota-biota ini menjadi bagian dari ekosistem laut dunia yang secara alamiah menjadi bagian dalam mempertahankan kondisi temperature dunia yang dapat ditoleransi oleh banyak kehidupan supaya tetap hidup.

2. Reproduksi

Setelah disinggung tentang klasifikasi perairan yang tepat untuk larva, maka di bab selanjutnya kita akan belajar tentang reproduksi larva. Kita tahu semua organisme dan mahluk hidup pasti mempertahankan keturunan dengan melakukan reproduksi. Hanya saja perbedaan dalam memperbanyak reproduksi berbeda-beda.

Disebutkan dalam bukunya, ada istilah reproduksi sexual yang disebut dengan hermaphrodite. Hermaphrodite adalah individu suatu jenis memproduksi baik gametes jantan dan betina selama hidup. sex hermaphrodite dibagi menjadi dua, yaitu simultaneous hermaphrodites dan sequential hermaphrodites. Simultaneous hermaphrodites biasannya ditandai dengan kehadiran baik sel telur dan sperma yang aktif diwaktu bersamaan.

Di bab ini juga akan di ulas tentang siklus gametogenesis, pengaruh dari faktor dalam dan luar tubuh. Tidak hanya itu saja, kamu pun juga akan mempelejari pola reproduksi, cara pemijahan, tipe perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemijahan. Jika kamu familiar dengan istilah fertilisasi, juga akan di bab ini. feritilisasi dibagi menjadi dua bentuk, yaitu external fertilisasi dan internal fertilisasi.

Buku : Review Buku : Awas Bahaya Ancaman Tuberkulosis

3. Larva biota dasar laut

Larva invertebrate dasar laut memiliki karakteristik termasuk organ, bentuk, morphometric dan tingkah laku yang berbeda. Meskipun demikian, mereka juga memiliki respons berbeda pula terhadap kondisi lingkungan. Prinsipnya setiap kolompok memiliki karakter yang berbeda-beda.

Di bab biodata dasar laut inilah kamu pun akan tahu bentuk dari karakteristik yang tepat dan mereka senangi. Kamu pun juga akan mempelajari beberapa bentuk larva. Seperti ada larva planula, trochophore, dipleurula dan beberapa larva lain seperti ascidian dan cephalopod.

4. Kebiasaan makan larva

Larva memang makhluk yang bisa dibilang sulit kita jangkau dengan mudah. Apalagi jika ingin melihat kebiasaan mereka seperti apa. Setidaknya dengan kehadiran buku ini kita pun jadi tahu kebiasaan makan larva itu bagaimana dan apa saja yang dimakan.

Tahukah kamu jika larva ternyata pemakan partikel. Ada pula tingkah laku makan bagai hewan yang tak kasat mata ini. Tentu saja mereka memakan makanan yang memiliki ukuran dan bentuk makanan dan fakultatif makan. Apa sih fakultatif makan? Kamu bisa langsung baca sendiri saja di bukunya.

Buku setebal 135 halaman ini akan membahas banyak sekali pembahasan yang tentunya baru dan menarik. Terutama buat kamu yang suka dengan dunia binatang laut. Setidaknya kita akan belajar tentan struktur genetic, peran arus pantai terhadap perkembangan larva, mempelajari kolam larva, dan puncak penempelan bersamaan dengan pelepasan telur pada larva seperti apa dan bagaimana.

Buku ini pun juga akan mengulas jenis-jenis interaksi fisik dan biologinya juga loh. Termasuk juga akan diulas pertumbuhan dan survival larva. Pokoknya semua tersaji lengkap di buku ini.

Baca juga : Kajian Dalam Buku Perilaku Seksual Pada Remaja

Komentar Dinonaktifkan pada Review Buku Larva Avertebrata Dasar Laut Ekologi dan Tingkah Laku