review-buku-metodologi-penelitian-farmasi
Review Buku

(Review Buku) Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas Dan Eksperimental

Review Buku – Metodologi penelitian farmasi komenitas dan eksperimental bisa dibilang tidak begitu banyak yang menerbitkannya. Oleh karena itu, Fathnur Sani menerbitkan buku ini. Tujunnya memudahkan mahasiswa yang mengambil bidang ilmu kesehatan satu ini lebih mudah.

Tidak hanya sekedar memaparkan teori metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental saja. Tetapi juga didukung dengan contoh-contoh penelitian farmasi yang ada di Indonesia, baik itu penelitian farmasi komnitas maupun penelitian eksperimental.

Buku ini cocok kamu dapatkan dan kamu miliki. Di buku setebal 187 halaman ini juga akan mengupas tuntas tentang langkah penelitian, pembuatan pendahuluan proposal penelitian itu bagaimana dan mengulas tinjauan pustaka penelitian.

Intinya, segala hal yang berbau seputar dunia penelitian mahasiswa. Buat kamu nih yang ingin spoiler terlebih dahulu sebelum membeli buku ini, kamu bisa intip semenarik apa sih buku ajar satu ini. cekidot

Sudahkah Kamu Mengetahui Tujuan Melakukan Penelitian?

Karena konteksnya mengupas tentang metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental, maka ada satu poin dasar yang harus dipahami oleh mahasiswa akhir semester. Seorang mahasiswa harus mengetahui betul tujuan melakukan penelitian itu apa dan seperti apa.

Kenapa harus memahami tujuan penelitian? Tujuannya dalam proses menjalankan penelitian, bisa melakukan penelitian menggunakan hati. Setidaknya segala sesuatu yang menggunakan hati, akan mengurangi rasa tekanan seperti beban dan stress.

Adapun tujuan metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental, yaitu untuk melatih mengembangkan keterampilan membaca, menulis secara efektif dan efisian.

Tidak hanya itu, sebagai sarana menggabungkan hasil bacaan dari banyak sumber yang akhirnya dikembangkan menjadi pemikiran yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.  Adapun manfaat lain, misalnya mengetahui kemampuan analisis hasil temuan yang diperoleh si peneliti. Ingin mendapatkan buku ini? Kamu hanya bisa dapatkan di sini.

Baca juga : Manajemen Informasi Kesehatan: Pengelolaan Dokumen Rekam Medis

Menguasai Syarat Penelitian

Kunci kelancaran dalam menjalankan metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental adalah menguasai syarat penelitian itu sendiri. Membicarakan tentang syarat, setidaknya ada empat yang diperlukan oleh seorang penliti.

Syarat pertama, peneliti memiliki kedisiplinan dan motivasi yang tinggi dalam menjalankan penelitian. Tanpa semangat, pastinya penelitian yang kamu gadang-gadang tidak bisa semulus yang diinginkan.

Syarat kedua, peneliti memiliki ilmu, khususnya ilmu yang diteliti. Bagaimana jika tidak memiliki ilmu dibidang tersebut? apakah tidak boleh melakukan penelitian? Tentu saja boleh.

Oleh sebab itu agar memiliki ilmu dibidang yang diteliti, seorang peneliti juga harus banyak membaca dan kajian. Tujuannya agar memudahkan kamu untuk mengelola data penelitian kamu.

Syarat penelitian ketiga, peneliti memiliki kemampuan berfikir logis dan sistematis. Maksudnya, peneliti harus mampu membuat pemetaan agar hasil penelitian lebih enak dipahami. Syarat keempat adalah memiliki kemampuan bahasa yang baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa keterampilan menuangkan dalam bentuk bahasa sangat penting dan mempengaruhi hasil yang baik.

Karena buku ini ditulis dan diperuntukan untuk mahasiswa atau calon peneliti pemula, maka di bab 1 kamu juga akan diajarkan bagaimana sih langkah melakukan penelitian. Tentu saja ini sangat membantu buat kamu yang tidak tahu sama sekali bagaimana melakukan metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental.

Cara Membuat Proposal

Sebelum membuat dan menjalankan metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental, tentu saja tidak langsung begitu saja. Kamu harus membuat proposal penelitian terlebih dahulu. Jika di ACC baru melakukan tahap selanjutnya. Nah, membicarakan tentang proposal penelitian, pastinya tidak semua mahasiswa akhir semester tahu bagaimana dan hal apa saja yang harus disiapkan bukan.

Tenang, karena buku setebal 187 halaman ini akan memperkenalkan kepada kamu dari awal trik dan tips membuat proposal penelitian. Mulai dari bagaimana membuat judul penelitian, data apa saja yang dicantumkan di sana, dan akan diajarkan membuat latar belakang masalah yang baik itu seperti apa.

Sedikit menyinggung tentang penulisan latar belakang masalah, ada indikator latarbelakang yang baik yang seharusnya setiap peneliti melakukan hal ini. Yaitu menguasai data yang harus dimasukan di latar belakang. Lalu apa saja latar belakang yang harus ada di dalamnya? Diantarannya memasukan objek penelitian, dibagian latar belakang terdapat permasalahan penelitian yang dihadapi dan penulis ata peneliti mampu menjelaskan masalah pentingnya melakukan penelitian. Terakhir, di dalam latar belakang bisa menjelaskan rencana penelitian dan menjelaskan rangkuman tujuan penelitian.

Cara Membuat Tinjauan Pustaka Penelitian

Ketika kamu menjalankan metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimen erat kaitannya adannya tinjauan pustaka penelitian. Tinjauan pustaka adalah uraian tentang seluruh informasi terkait dengan topic-topik penelitian yang akan diuji. Tinjauan pustaka hampir terdapat pada seluruh penelitian, kecuali pada artikel ilmiah. Data untuk memenuhi tinjauan pustaka pustaka dapat diperoleh dari buku dan jurnal yang telah diterbitkan.

Nah, di sini kamu akan belajar bagaimana cara membuat injauan pustaka penelitian. Selain diperkenalkan syarat tinjauan dan langkah pembuatan tinjuan pustaka, kamu juga akan dilatih bagaimana cara membuat tinjauan pustaka.

Keempat spoiler metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental di atas hanya cuplikan saja. Buku terbitan Deepublish mengupas tentang kerangka konsep dan hipotesis. Dua hal ini juga mendasar dalam menjalankan metodologi penelitian. Ada pun beberapa poin lainnya, seperti mengupas tentang variabel penelitian, defenisi operasional, metode pengambilan sampel, validitas dan realibilitas, uji statistic analisis bivariate dan tentunya masih banyak lainnya.

Baca juga : Cakupan Buku Psikologi Perkembangan