bahaya narkotika dan penanggulangannya
Review Buku

(Review Buku) Narkotika dan Penanggulangannya

Awas Bahayaa Narkotika dan Penanggulangannya – Narkotika dan penanggulangannya memang kini tengah digembor-gemborkan. Tujuannya jelas, agar tidak bertambah kawula muda yang mengkonsumsi barang kharam satu ini. hampir semua orang di dunia tahu, bahwa narkoba adalah bahan/zat yang jika dimasukan ke dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup maupun disuntikan dapat menimbulkan perubahan pikiran, suasana hati dan perasaan.

Bila narkoba digunakan berkelanjutan secara terus menerus, maka dapat menimbulkan ketergantungan. Ketergantungan inilah yang menimbulkan gangguan fisik dan psikologis. Ganguan inilah yang dapat menimbulkan kerusakan sistem syaraf pusat dan organ-organ dalam. Seperti jantung, paru, hati dan ginjal.

Maka dari itu, penting sekali mempelajari narkotika dan penanggulangannya agar tidak sampai terjerumus. Salah satunya buku karya Irwan Jasa Tarigan. Penasaran bukan, akan membahas apa saja sih buku ini?

Pendahuluan Bahasa narkotika dan Penanggulangannya

Sebagai Negara hukum, sudah pasti segala sesuatu yang ada di Indonesia diatur oleh seperangkat peraturan perundang-undangan. Tentu saja tujuannya untuk mewujudkan ketertiban umum, menyejahterakan masyarakat secara lahid an peraturan. Salah satunya lewat perundang-undangan yang mengatur hak dan kewajiban individu sebagai warga Negara.

Kewajiban utama para warga Negara sendiri adalah mentataai peraturan perundang-undangan yang ada dan tidak melakukan pelanggaran atas larangan-larangan maupun aturan yang sifatnya anjuran. Salah satu peraturan perundang-undangan yang sifatnya imperative adalah undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Di bab pendahuluan menyebutkan fakta menarik. Ternyata Indonesia termasuk dalam daftar tertinggi Negara-negara yang menjadi sasaran peredaran obat-obatan terlarang narkotika. Awalnya, Indonesia sebagai Negara transif, dan ironisnya sekarang statusnya berubah. Indonesia sebagai Negara eksportir atau produsen pil berbahaya loh.

Dengan kata lain, merebaknya narkotika inilah yang menjadi masalah awal yang kompoleks. Tidak hanya menjadi masalah yang meresahkan di perkotaan. Tetapi juga meresahkan untuk warga yang tinggal di pelosok dan pedesaan juga. Itu sebabnya penyebaran ini selalu di buru agar tidak merusah dan mematikan regenerasi Indonesia.

Tentu saja di bab ini akan diulas lebih mendalam dan lengkap pastinya. Karena akan menyorot dan membongkar fakta menarik yang tidak banyak diketahi oleh orang pada umumnya. Pastinya pula, tidak saya tuliskan di sini. Agar kamu membaca dibukunya langsung.

Aturan Tindak Pidana Narkotika

Tidak tanggung-tanggung, buku narkotika dan penanggulangannya langsung masuk pada inti perundang-undangannya. Di bab ini akan dipaparkan hukuman atau tindak pidana pengguna, pengedar narkotika sesuai dengan Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Di sinilah kamu akan mempelajari tinjauan terhadap narkotika dan penanggulangannya itu bagaimana dan seperti apa sih. Sebagai pengantar, kamu juga akan diperkenalkan sejarah pengaturan narkotika. Tentu saja konteksnya untuk cakupan di Indonesia.

Aturan tindak pidana narkotika ini pun juga akan mengulas dan memaparkan tentang pnegaturan dalam Undang-undangan Nomor 35 Tahun 2009 yang mengatur dua hal. Pertama terkait pengaturan pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku kejahatan narkotika. Kedua, mengulas tentang klasifikasi tindak pidana narkotika menurut undang-undang nomor 35 tahun 2009. Buah kamu yang ingin mempelajari lebih lengkap dan lebih jelasnya, bisa langsung dapatkan di bukunya langsung.

Peranan Kepolisian terhadap Narkotika dan Penanggulangannya

Belum afdol rasannya jika masalah narkotika dan penanggulangannya tidak melibatkan pihak kepolisian. Pihak kepolisian ternyata memiliki peran dan fungsi yang besar loh. Bahkan keberadaan kepolisian itu sendiri pn juga disebutkan dalam perundang-undangan loh. Itu sebabnya polisi memiliki peran dan tanggungjawab besar dalam penangkapan para Bandar dan pengguna narkoba.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kepolisian dilibatkan secara aktif dan langsung. Pihak kepolisian yang digerakan pun tidak hanya untuk kepolisian pusat saja loh, tetpai juga kepolisian daerah. Nah, buku terbitan Deepublish ini menyebutkan daerah Sumetera Utara sebagai contoh kasus dalam upaya penanggulangan tindak pidana.

Karena buku ini adalah buku studi kasus, maka ada sasaran atau daerah yang ditelitik. DI sini setidaknya akan ditemukan bahwa gambaran umum direktorat narkoba polisi daerah seumatera utara dan peran polda Sumatera Utara dalam menanggulangi tindak pidana narkota ini sangat dibutuhkan.

Baca juga : Review Buku : Awas Bahaya Ancaman Tuberkulosis

Hambatan Studi Kasus Narkotika dan Penanganannya

Kehadiran pengguna dan pengedar narkotika saja sudah bentuk dari masalah masyarakat. Belum lagi masalah yang ada di dalamnya. Ternyata pihak kepolisian sendiri pun juga menghadapi banyak kendala. Salah satunya hambatan dalam penegakan hukum.

Kelihatannya kasus narkotika ini sederhana, padahal banyak masalah yang cukup kompleks loh. Belum lagi hambatan lain yang akan ditemui. Misalnya hambatan solusi dalam penanggulangan tindak pidana narkotika dan upaya mengatasinya dan masih banyak lagi.

Setiap ada masalah, pasti ada solusi. Berlaku juga dengan masalah narkotika dan penanggulangannya ini. solusi mengatasi hambatan dan kebijakan polda Sumut dalam penangguangan tindak pidana narkotika di masa depa juga akan dipaparkan dan dijabarkan secara lengkap di buku terbitan deepublish.

Baca juga : Cerdas Menguasai Ilmu Biokimia Pangan Dasar? Baca Buku Ini!