resensi buku
Insight

Siapa Yang Diuntungkan Dari Resensi Buku?

Resensi buku – Nah, penulisan resensi buku itu sebenarnya memberikan keuntungan dari banyak pihak. Pertama dari pihak penerbit, kedua dari pihak penulis, ketiga menguntungkan dari pihak kamu sebagai perensi dan terakhir menguntungkan dari pihak surat kabar atau media yang mempublikasikan resensi kamu. Kita simak satu-satu di bawah ini.

1. Menguntungkan Pihak Penerbit

Jika ada yang bertanya apa itu resensi dan seberapa penting tujuan menulis resensi? Tentu saja itu penting. Bagi penerbit buku, yang meresensi buku terbitan buku tersebut, akan sangat berterimakasi. Karena secara tidak langsung, ketika buku terbitannya diresensi, maka peresensi sudah membantu membranding sekaligus memarketingkan buku terbitannya. Itu sebabnya pihak penerbit selalu memberikan apresiasi kepada peresensi buku.

Bentuk apresiasi dari penerbit buku memang berbeda-beda. Ada yang memberikan apresiasi uang, ada pula yang memberikan apresiasi souvenir. Biasannya peneribt akan memberikan apresiasi dilihat dari resensi tersebut dipublikasikan di surat kabar/media mana. Misal di media lokal atau nasional. Maka jika resensi kamu di publikasikan di media nasional, jumlah apresiasimu pun juga lebih besar.

2. Menguntungkan PIhak Penulis

Ternyata selain menguntungkan penerbit, juga menguntungkan penulis. jadi apa itu resensi bagi penulis juga sama pentingnya. Dengan resensi, orang di luar sana akan tahu buku karya si penulis. Secara tidak langsung, penjualan buku semakin meningkat. Semakin banyak buku yang terjual, tentu saja pihak penulis juga akan mendapatkan royalty lebih banyak.

3. Menguntungkan Pihak Peresensi Buku

Tujuan dan manfaat bagi peresensi, tentu saja selain kamu mendapatkan ilmu. Kamu akan mendapatkan banyak apresiasi sekaligus. Pertama, kamu akan mendapatkan honor dari surat kabar yang memuat resensi kamu. Kedua, kamu juga akan mendapatkan apresiasi (bisa uang atau souvenir : tergantung kebijakan dari penerbit bukunya) dari penerbit bukunya loh. Caranya, kamu cukup mengirimkan bukti terbit resensi kamu, dan kamu akan dapatkan apresiasi tersebut.

4. Menguntungkan Media (cetak/online)

Bagi media yang menerbitkan resensi kamu, mereka juga diuntungkan, karena rubrik mereka jadi terisi. Kita tahu bahwa setiap media, terutama media surat kabar selalu ada rubrik resensi atau pustaka setiap hari tertentu. Rubrik tersebut harus ada. Coba bayangkan, jika tidak ada yang memasukan resensi, mereka tidak bisa memuat rubrik tersebut.

5. Pembaca

Inilah tujuan sebenarnya dari resensi buku. Yaitu menginformasikan perihal buku kepada pembaca. Jadi pembaca diuntungkan karena mendapatkan info tentang buku mulai dari judul, isi, substansi, kelebihan dan kekurangan tanpa harus membeli bukunya.

Kurang lebih ada 5 pihak yang diuntungkan dari meresensi buku. Kamu tahu selebihnya? Jika tahu jangan lupa comment di bawah ya.

Baca juga : 5 Buku Kesehatan Terbaik